Representasi Makna Budaya Pada Iklan Redbus ”Pendekar Tatang Tapasti”

Alga Bayu Setiawan, Dean Ramadhan Putera, Turangga Wirawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi makna budaya dalam iklan RedBus "Pendekar Tatang Tapasti" menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi terhadap iklan tersebut, dengan fokus pada elemen- elemen visual, narasi, dan penggunaan bahasa. Analisis konten juga dilakukan untuk memperhatikan pesan yang disampaikan dan penggunaan media sosial dalam iklan. Selain itu, analisis wacana digunakan untuk menganalisis struktur dan penggunaan bahasa dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan RedBus "Pendekar Tatang Tapasti" berhasil memadukan elemen-elemen tradisional dengan inovasi teknologi dalam dunia e-commerce. Visual dan efek khusus dalam iklan menciptakan suasana yang memikat perhatian penonton. Penggunaan narasi digital yang menggabungkan tokoh pendekar dengan layanan RedBus memberikan pengalaman yang menarik bagi para penggunanya. Melalui iklan ini, RedBus berhasil merepresentasikan budaya digital yang menggabungkan teknologi dengan aspek tradisional. Dalam analisis ini, tanda-tanda dan simbol-simbol yang digunakan dalam iklan RedBus "Pendekar Tatang Tapasti" memperlihatkan makna budaya yang terkandung di dalamnya. Representasi budaya dalam iklan ini mencerminkan perkembangan e-commerce di Indonesia, yang telah membawa perubahan signifikan dalam cara bertransaksi dan membuka peluang bagi pertumbuhan ekonomi yang lebih besar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa iklan RedBus "Pendekar Tatang Tapasti" berhasil merepresentasikan budaya digital dalam konteks e-commerce. 


Full Text:

PDF

References


Burgess, et al. (2003). Factors Affecting Adoption of Electronic Commerce Technologies by SMEs:

An Australian Study. Journal of Small Business and Enterprise Development, 10(3).

Barthes, R. (1968). Elements of Semiology. Diakses dari

https://sites.evergreen.edu/arunchandra/wp-content/uploads/sites/395/2018/07/barthes

Heppy, E. (2017). Representasi Kesetaraan Gender pada Iklan: Tinjauan Semiotika Citra LakiLaki

dalam Keluarga pada Iklan Televisi. Jurnal Desain, 4(3), 212-230.

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta:

Penerbit Grafiti.

Pujiyanto.(2003) "Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Periklanan." Nirmana, 5(1), 96-109.

Sofiandy, D.A. (2018). Analisis Segmenting, Targeting, Dan Positioning Film Animasi Super Neli

Bandung Tahun 2018. Telkom University Science and Engineering Technology (ASET).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.