Analisis Toxic Parenting Menggunakan Teori Hiperrealitas Pada Film “Induk Gajah” (2023)

Reza Amanda Amelia, Wasillah Mukti Utami, Yuliana Aulia Riananda

Abstract


Film dapat menyajikan narasi dan scene yang mencerminkan isu-isu sosial yang terjadi dalam masyarakat saat ini serta memiliki kemampuan untuk dapat mempengaruhi para penontonnya. Akibatnya realitas asli dan simulasi tak lagi dapat dibedakan. Salah satunya pada film Induk Gajah yang mengangkat permasalahan toxic parenting dibalut dengan drama komedi. Dari film Induk Gajah penulis tertarik untuk mengkaji hiperrealitas yang terdapat pada film tersebut yang bertujuan untuk melihat seperti apa konsep hiperrealitas digunakan dalam peleburan realitas terkait hubungan orang tua dan anak. Pengkajian melalui pendekatan konsep hiperrealitas Baudrillard menempatkan simulasi-simulakra sebagai bagian yang penting dalam penelitian ini untuk mengetahui makna sebenarnya. Hasil dari penelitian ini, kami telah menjabarkan beberapa scene yang terdapat konsep hiperrealitas dalam film ”Induk Gajah” yang akan dihubungkan dengan permasalahan toxic parenting. Serial ini menampilkan hiperrealitas, yaitu bahwa anak tidak diizinkan untuk memilih apa yang menjadi haknya. Sang anak dipaksa untuk menikah, hal itu menunjukkan pola asuh yang berbahaya. Namun, realitas yang terjadi di era modern, khususnya di kota-kota besar, seorang anak memiliki kuasa untuk memilih jalan hidup mereka sendiri. Begitu juga dengan orang tua yang sekarang cenderung tidak mengekang anak-anak mereka dan memahami serta mendukung apa yang mereka inginkan.


Full Text:

PDF

References


Andreas, R. (2020). Analisis Hiperrealitas dalam Film Spiderman: Far from Home (2019).

URECOL, 31-38.

Astagini, N., & Nurhidayah, F. (2017). Hiperrealitas Sosok Suami Tenaga Kerja Wanita (TKW)

Dalam Sinetron Dunia Terbalik Di RCTI. Widyakala, 60-69.

Dewi, M. P., & Umaroh, L. (2022). Analisis Hiperrealitas pada Film Aquaman sebagai Komoditas

Kekuatan Kapitalis. AVAN GARDE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 112-130.

Jalal, N. M., Syam, R., Istiqamah, S. N., Ansar, W., & Ismail, I. (2022). Psikoedukasi Mengatasi

Toxic Parenting Bagi Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat, 427-433.

Natalia, N. D., Joni, I. S., & Ramaswati, N. L. (2019). HIPERREALITAS MEDIA SOSIAL DALAM FILM

BLACK MIRROR EPISODE NOSEDIVE. MEDIUM, 1-10.

Putri, N. A., Aryani, M. D., & Artana, I. R. (2022). TOXIC PARENTING PADA TOKOH IBU DALAM

FILM MOTHER 2020 KARYA TATSUSHI OMORI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA.

JAPANOLOGY,, 78 - 89.

Saskara, I. A., & Ulio. (2020). PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENGATASI “TOXIC

PARENTS” BAGI KESEHATAN MENTAL ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 125-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.