Representasi Makna Pesan “Usia Bukan Halangan” Pada Iklan Susu Anlene

Raihan Zaki, Kevin Rinaldi Wijaya, Gigih Aminoto

Abstract


Iklan televisi Anlene: Usia Bukan Halangan adalah tagline baru dari iklan tersebut yang disajikan pada iklan televisi susu Anlene. Susu Anlene memang identik dengan susu untuk penambahan nutrisi terutama untuk tulang dan mencegah kekurangan kalsium. Susu Anlene merupakan produk merek Susu yang diproduksi oleh Perusahaan PT Fonterra Brands Indonesia (FBI). Atikel ini akan membahas lebih spesifik mengenai Anlene, dinama produk Anlene memiliki citra yang kuat terhadap citra tubuh dan ekpetasi orang lain terhadap susu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mempresentasikan citra yang dibangun oleh produk susu Anlene dalam iklan televisi yang dapat menarik minat para konsumen agar dapat menjaga nutrisi tulang dan mencegah kekurangan kalsium setelah mengkonsumsi susu Anlene tersebut. Metode penelitian dalam membuat makalah ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari perilaku yang diamati yang menghasilkan tanda berupa gambar yang nantinya dibangun dengan persepsi (simulacra & simulasi). Dengan demikian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif agar penilti dapat mendeskripsikan dengan jelas tanda-tanda yang ada dalam iklan Anlene. memberikan deskripsi berupa kata bukan berupa angka. Tujuan metode ini untuk memberikan persepsi melaui tanda seperti gambar dan bersifat deskriptif yang menjelaskan melalui kata-kata yang akan menimbulkan persepdi karena adanya citra yang dibentuk terhadap iklan televisi.


Full Text:

PDF

References


Iskandar , M. S. (2011). Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Bandung (ID) :

Universitas Telkom.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal

ekonomi dan kewirausahaan, 13(2), 116-129.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset,

Bandung Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mix Method.

Depok. PT Raja Grafindo.

Pangemanan, J. I. H. Kampanye Usia Bukan Halangan Anlene Bantu Kelompok Usia Dewasa

Tampil Lebih Bugar. Mediaindonesia.com. Diakses pada 15 Maret 2023 dari

https://mediaindonesia.com/humaniora/565884/kampanye-usia-bukan-halangananlene-

bantu-kelompok-usia-dewasa-tampil-lebih-bugar

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard dalam Dunia Komunikasi

Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247-260.

Sumartono, S. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi.

Bandung: Alfabeta.

Susanta, A. (2017). Motif Pemilihan Stasiun Televisi Surya Citra Televisi (SCTV) sebagai Tontonan

Masyarakat Desa Gas Alan Badak I RT. 26 Muara Badak. eJournal Komunikasi, 5(3), 538552.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.