Representasi Budaya Pada Iklan Djarum 76 Kontes Jin

Dedi Wahyudi, Rifqi Nandyto Leksono, Syehan Maulana

Abstract


Iklan merupakan salah satu media yang berguna untuk mempromosikan dan memperkenalkan suatu produk kepada khalayak. Iklan juga banyak yang mempresentasikan budaya sebuah daerah ke dalam produknya. Sebuah produk yang menggunakan iklan mempunyai tujuan agar produk tersebut dapat dijangkau oleh masyarakat secara luas dan tepat sasaran. Penilitian ini dilakukan untuk memenuhi tugas mata perkuliahan Budaya Visual dengan objek penelitian iklan rokok Djarum 76. Djarum 76 adalah salah satu brand rokok yang berkibar dalam industri rokok di Indonesia. Dalam iklan ini mempunyai representasi budaya khas Indonesia di setiap produknya yang telah menjadi sebuah ciri dan identitas produk. Iklan Djarum 76 juga mempunyai pesan-pesan yang dapat tersampaiakan kepada penonton karena mengangkat keadaan lingkungan sekitar penonton. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan demi mencari pesan-pesan yang terdapat pada iklan yang ditujukan kepada khlayak luas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan memahami hal-hal apa saja yang berkaitan antara objek dengan pesan yang disampaikan oleh iklan ini.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, F. (2014). Anlisis Pengharuh Iklan Televisi dan Endorser terhadap Purchase Intention

Pond's Men dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen

Pemasaran, 2(1), 1-14.

Bungin, Burhan. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan

Televisi dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas

Luckman. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta:

Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wahyu, R. W. (2010). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan. Jurnal Deiksis, 2(2).

Widyatama, R. (2011). Teknik menulis naskah iklan: agar tepat kena sasaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.