Analisis Iklan Produk Skinethic Menggunakan Design Thinking

Adelia Lestari, Prilisa Putri, Qorina Nur Rohmah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Design Thinking pada Iklan produk Skinethic”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana rancangan iklan yang tepat dan inovatif untuk mempromosikan produk-produk dari perusahaan Skinethic, strategi pemasaran harus mampu menarik konsumen untuk menggunakan produk baru. Skinethic juga perlu mempunyai strategi komunikasi pemasaran yang sesuai dengan target audiens melalui online maupun offline. Hal ini karena persaingan industri kosmetik yang semakin ketat yang menuntut Skinethic perlu mengembangkan strategi pemasarannya supaya dapat berjalan dengan baik untuk kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan dan mengolah kembali data-data yang sudah ada. Penelitian dilakukan melalui proses design thinking yaitu dengan melakukan empat tahapan utama yang terdiri dari empathize, define, ideate, dan prototype. Menggunakan model design thinking sebagai pemecahan masalah diharapkan dapat membuat prototipe desain iklan yang tepat serta dapat memperkenalkan produk. Dan juga memenuhi kebutuhan target sasaran dalam mencari skincare yang tepat sesuai kebutuhan dam menpunya pelayanan pengiriman yang cepat. Kesimpulan pada penelitian ini adalah melalui proses design thinking desainer dapat merancang media yang sesuai dengan keinginan client dan tepat mengenai target khalayak melalui iklan video berdurasi 1 menit yang ditayangakan melalui media social Youtube.

Keywords


Design Thinking; Iklan; Skinethic

Full Text:

PDF

References


Ababio, A.G. & Yamoah, E.E. (2016). ‘Effect of advertising on the brand loyalty of cosmetic products among college students. International Review of Management and Marketing, vol. 6(1), 11–5.

Pradana, A.R & Idris, M. (2021). Implementasi User Experience Pada Perencangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking. Automata, vol. 2(2).

Silva, M.G.S. (2013). The Impact of Youtube Brand’ S Channels on Brand Related Attitudes: Affective Commitment. Affective Brand Loyalty and Purchase Intention, no. April.

Sugionono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 87.

Stephanie, Ciputra. (2019). Pengaruh In Store Customer Experience (ISCX) Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Gerai Kosmetik Dior di Kalangan Mahasiswa Universitas Swasta Surabaya. Fakultas Manajemen. Universitas Kristen Petra.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. (Ayup, Ed.) Sleman: Literasi Media Publishing.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1), 1-13.

Yulianty, Jufri (2020). Metode penelitian kualitatif. Prinsip Metode Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Penelitian Sosial Ekonomi. Universitas Muhammadiyah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.