Analisis Tanda dan Makna pada Klip Look What You Made Me Do - Taylor Swift

Agung Hermawan, Izzan Zahri Alyahya, Dani Rahmadhan Syahputra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana makna yang dimaksudkan dari setiap kiasan ekspresi yang disampaikan melalui lirik dan juga tanda-tanda simbolis dan gestur tubuh yang disampaikan pada klip video populer Taylor Swift "Look What You Made Me Do".Mencari tahu implikasinya terhadap pembelajaran bahasa sebagai salah satu video musik yang paling banyak ditonton di Youtube.Data penelitian ini didapat dari lirik lagu Taylor Swift “Look What You Made Me Do” dan klip video resmi di YouTube yang diunggah oleh VEVO pada 27 Agustus 2017.Lirik dan isyarat simbolik yang ditampilkan pada klip video dianalisis secara menyeluruh menggunakan teori analisis wacana kritis Fairclough dengan mengkategorikan berbagai macam ekspresi kiasan yang disampaikan untuk mengungkapkan makna yang dimaksud dari lagu dan menafsirkan ekspresi simboliknya melalui studi mitos sebagai metode penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak pengulangan yang ditemukan untuk mempertegas pesan yang disampaikan dapat dianggap sebagai sesuatu yang dipandang sangat penting bagi pencipta atau penyanyi lagu maka berdasarkan analisis simbolik merujuk pada citra sang musisi, kebanyakan salah satu petunjuk yang disampaikan mencoba mengungkapkan transformasi penyanyi terkait dengan dirinya yang baru dan memperbaiki reputasi sebagai orang yang lebih kuat dan tangguh dari citra masa lalunya sebagai gadis manis dan polos .Petunjuk tersebut disampaikan melalui simbol-simbol berupa binatang seperti ular dan gagak yang dipercaya sebagai simbol transformasi.


Keywords


Citra; Taylor; Reputasi; Musik; Video

Full Text:

PDF

References


Arif, M., & Triyono, S. (2018). What lies beneath baby shark song?: a critical analysis on Korean society. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 7(1).

Bruce-Mitford, M. (1996). The illustrated book of signs & symbols. Dk Pub.

Cardinal, B. J., Rogers, K. A., Kuo, B., Locklear, R. L., Comfort, K. E., & Cardinal, M. K. (2015). Critical discourse analysis of motivational content in commercially available exercise DVDs: Body capital on display or psychological capital being developed?. Sociology of Sport Journal, 32(4), 452-470.

Eason, C. (2008). Fabulous creatures, mythical monsters, and animal power symbols: a handbook. Greenwood Publishing Group.

Filardo-Llamas, L. (2015). Re-contextualizing political discourse: An analysis of shifting spaces in songs used as a political tool. Critical Discourse Studies, 12(3), 279- 296.

Firmansyah, M. B. (2016). Social and political values in Iwan Fals’s song collections. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 21, Issue 2, Ver. III Pp. 97-101 e-ISSN: 2279-0837, p-ISSN: 2279-0845. www.iosrjournals.org.

Hassen, R. (2015). Discourse as medium of knowledge: Transmission of knowledge by transmission of discourse people live. Journal of Education and Practice, 6(31), 119-128.

Halperin, M. (2020). The problem of beauty: Aesthetic thought and pursuits in Northern Song dynasty China.

Brill. Hassen, R. (2015). Discourse as medium of knowledge: Transmission of knowledge by transmission of discourse people live. Journal of Education and Practice, 6(31), 119-128.

Hughes, C., Öjendal, J., & Schierenbeck, I. (2015). The struggle versus the song–the local turn in peacebuilding: an introduction.

Isa, N. M., Ali, A. Z. M., Fadzillah, F. I. M., & Bon, H. (2017). Are we out of the woods yet? An analysis of figurative expressions utilized in Taylor Swift’s 1989 Album. Journal of Humanities, Language, Culture and Business (HLCB), 1(1), 22- 34.

Leap, W. L. (2015). 31 Queer linguistics as critical discourse analysis. Discourse Analysis, 661. McIntyre, H. (2017). Taylor Swift’s ‘Look What You Made Me Do’ Video Has Shattered YouTube Records. Forbes.

McIntyre, H. (2017). Taylor Swift’s ‘Look What You Made Me Do’ Video Has Shattered YouTube Records. Forbes.

Monson, O., Donaghue, N., & Gill, R. (2016). Working hard on the outside: a multimodal critical discourse analysis of The Biggest Loser Australia. Social Semiotics, 26(5), 524-540.

Motschenbacher, H. (2016). A corpus linguistic study of the situatedness of English pop song lyrics. Corpora, 11(1), 1-28.

Putri, I. T., & Triyono, S. (2018). " We Shall Overcome" A Humanity Song by Roger Waters: Critical Discourse Analysis. Humaniora, 30(2), 119-127.

Razak, N. A. N. A., & Yunus, M. M. (2016). Using Action Songs in Teaching Action Words to Young ESL Learners. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 4.

Richards, J. C. (2015). The changing face of language learning: Learning beyond the classroom. RELC Journal, 46(1), 5-22.

Rupp, H. (2014). Who owns celebrity-Law and the formation of fame. ESLJ, 12.

Rymes, B. (2015). Classroom discourse analysis: A tool for critical reflection. Routledge. Salkie, R. (2006). Text and discourse analysis. Routledge.

Shin, J. K. (2017). Get up and sing! Get up and move! Using songs and movement with young learners of English. In English Teaching Forum (Vol. 55, No. 2, pp. 14-25).

Wu, Z., & Hou, S. (2015). Heritage and discourse. In The Palgrave handbook of contemporary heritage research (pp. 37-51). Palgrave Macmillan, London.

Zahoor, M., & Janjua, F. (2016). Character construction in tributive songs: Transitivity analysis of the song" I am Malala". TRAMES: A Journal of the Humanities & Social Sciences, 20(2).

Zhang, Y., Machin, D., & Song, T. (2015). Visual forms of address in social media discourse: the case of a science communication website. Journal of Multicultural Discourses, 10(2), 236-252


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.