Analisis Visual Pada Game Mario Bros

Muammar Khadafi, Muhamad Rafli, Muhammad Faruq Alghozi

Abstract


Game atau yang biasa dikenal sebagai permainan komputer, merupakan sebuah bentuk kegiatan yang memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai hiburan, juga memiliki nilai-nilai dalam kehidupan seperti sportivitas dan kejujuran pemainnya. Hal ini menjadikan game sebagai media visual yang efektif Untuk menyampaikan suatu pesan ke masyarakat. Persepsi visual mengenai tampilan visual game yang meliputi objek, karakter, bentuk dan warna, animasi, dan desain layout, akan diinterpretasi oleh user melalui otaknya sebagai sebuah satu makna yang saling berkaitan yang memiliki satu kesatuan desain sebagai sebuah game. Tampilan visual yang baik akan menarik user untuk memberikan respon dengan mulai memainkan game tersebut. Kemudian saat user memainkan game, dia akan mulai menganalisis setiap elemen visual game untuk mengenali lingkungan game yang ditampilkan oleh si pembuat game. Mario Bros merupakan salah satu permainan yang sangat populer, dan masih dikenal hingga saat ini. Mario adalah karakter fiksi pada game, yang diciptakan oleh desainer permainan video, Shigeru Miyamoto yang menjadi maskot Nintendo. Salah satu alasan terbesar mengapa gamer di seluruh dunia merangkul game 8 bit modern, seperti Super Mario Bros karena mereka membangkitkan nostalgia masa kecil. “Pixel Art” adalah karya seni digital yang diciptakan oleh lewat perangkat lunak dimana gambar dibuat dalam tingkatan pixel (elemen terkecil dalam sebuah gambar yang ditampilkan dalam layar komputer).


Keywords


Game; persepsi; visual; mario; pixel

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Shieny dan Widhiyasa, Arief. Membuat Game dengan XNA Game Studio. Bandung: Agate.

Bros, S. M. (2018). Super Mario Bros. 2. Violence in Popular Culture: American and Global Perspectives, 288.

Demaine, E. D., Viglietta, G., & Williams, A. (2016). Super Mario Bros. is harder/easier than we Thought.

Khamaidi. (2015). Analisis Tampilan Visual Game. 98-109.

Miyamoto, S., Yamauchi, H., & Tezuka, T. (1985). Super mario bros. Nintendo Entertainment. System. Nintendo.

Nintendo, R. D. (1985). Super mario bros. Game [NES].(13 September 1985). Nintendo, Kyoto, Japan.

Ortega, J., Shaker, N., Togelius, J., & Yannakakis, G. N. (2013). Imitating human playing styles in super mario bros. Entertainment Computing, 4(2), 93-104.

Shaker, N., Nicolau, M., Yannakakis, G. N., Togelius, J., & O'neill, M. (2012, September). Evolving levels for super mario bros using grammatical evolution. In 2012 IEEE Conference on Computational Intelligence and Games (CIG) (pp. 304-311). IEEE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.