PERENCANAAN STADIUM ESPORT SEBAGAI PENGEMBANGAN RUANG KOMUNAL DI JALAN BENYAMIN SUEB
Abstract
Abstrak : Ruang jenuh merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada daerah perkotaan
padat penduduk, termasuk kawasan jalan Benyamin Sueb.Salah satu cara mengatasi ruang jenuh
adalah dengan menciptakan ruang transisi yang bersifat komunal, dalam hal ini sarana publik.
Stadium Esportdinilai ideal sebagai sarana publik karena selain sebagai ruang komunal, bangunan
ini juga menjawab tantangan zaman terkait kebutuhan stadium Esport yang belum ada di Indonesia.
Metode penelitian terkait ruang komunal ini sendirimengadopsi metode observatif kualitatif,
didukung dengan data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis untuk menentukan lokasi
ruang komunal tersebut. Pada akhirnya, penelitian diharapkan tidak hanya menciptakan ruang
komunal yang sesuai dengan fungsinya, namun juga menciptakan landmark baru untuk
memperkuat identitas kawasan Benyamin Sueb.
Kata Kunci : e-sport, arsitektur, jurnal, penulisan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Hasanah, Hasyim. "Teknik - Teknik Observasi."
At-Taqaddum, Volume 8, 2016: 21-46.
Huron, Amanda. "Working with Strangers in
Saturated Space: Reclaiming and
Maintaining the Urban Commons."
Antipode Vol. 00 No. 0 2015 ISSN 0066-
, 2019: 1-17.
Lang, J. Creating Architectural Theory. New
York: Van Nostrand Reinhold Company,
Lazuardi, Muhamad Juliarachman, Winny Astuti,
and Erma Fitria Rini. "Analisis Citra
Kawasan Mangkunegaran berdasarkan
Penilaian Stakeholder dengan Konsep
Legibility." Region, 2018: 95-114.
Soleh, Rachmad, Retno Indah Rokhmawati, and
Komang Candra Brata. "Analisis
Pengalaman Pengguna Permainan
Multiplayer Online Battle Arena (Moba)
Dengan Menggunakan Game Experience
Questionnaire (GEQ) Pada Game Dota
" Jurnal Pengembangan Teknologi
Informasi dan Ilmu Komputer, 2018:
-3076.
Warman, Peter. Esports revenues will reach $696
million this year and grow to $1.5 billion
by 2020 as brand investment doubles.
Februari 14, 2017.
https://newzoo.com/insights/articles/espo
rts-revenues-will-reach-696-million-in-
/.
Wibowo, Arya. Game Prime. Oktober 2017.
https://www.gameprime.org/2017/10/esp
orts-growth-rate-southeast-asia/.
Wijayanti, S. Pola Seting Ruang Komunal
Interaksi Sosial Mahasiswa Arsitektur FT
UNDIP. Semarang: Program Magister
Arsitektur UNDIP, 2000.
DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v1i1.3857
Refbacks
- There are currently no refbacks.