PERENCANAAN STADIUM ESPORT SEBAGAI PENGEMBANGAN RUANG KOMUNAL DI JALAN BENYAMIN SUEB

Jonatan Harefa, Karya Widyawati, Elfitria Wiratmani

Abstract


Abstrak : Ruang jenuh merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada daerah perkotaan
padat penduduk, termasuk kawasan jalan Benyamin Sueb.Salah satu cara mengatasi ruang jenuh
adalah dengan menciptakan ruang transisi yang bersifat komunal, dalam hal ini sarana publik.
Stadium Esportdinilai ideal sebagai sarana publik karena selain sebagai ruang komunal, bangunan
ini juga menjawab tantangan zaman terkait kebutuhan stadium Esport yang belum ada di Indonesia.
Metode penelitian terkait ruang komunal ini sendirimengadopsi metode observatif kualitatif,
didukung dengan data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis untuk menentukan lokasi
ruang komunal tersebut. Pada akhirnya, penelitian diharapkan tidak hanya menciptakan ruang
komunal yang sesuai dengan fungsinya, namun juga menciptakan landmark baru untuk
memperkuat identitas kawasan Benyamin Sueb.
Kata Kunci : e-sport, arsitektur, jurnal, penulisan


References


DAFTAR PUSTAKA

Hasanah, Hasyim. "Teknik - Teknik Observasi."

At-Taqaddum, Volume 8, 2016: 21-46.

Huron, Amanda. "Working with Strangers in

Saturated Space: Reclaiming and

Maintaining the Urban Commons."

Antipode Vol. 00 No. 0 2015 ISSN 0066-

, 2019: 1-17.

Lang, J. Creating Architectural Theory. New

York: Van Nostrand Reinhold Company,

Lazuardi, Muhamad Juliarachman, Winny Astuti,

and Erma Fitria Rini. "Analisis Citra

Kawasan Mangkunegaran berdasarkan

Penilaian Stakeholder dengan Konsep

Legibility." Region, 2018: 95-114.

Soleh, Rachmad, Retno Indah Rokhmawati, and

Komang Candra Brata. "Analisis

Pengalaman Pengguna Permainan

Multiplayer Online Battle Arena (Moba)

Dengan Menggunakan Game Experience

Questionnaire (GEQ) Pada Game Dota

" Jurnal Pengembangan Teknologi

Informasi dan Ilmu Komputer, 2018:

-3076.

Warman, Peter. Esports revenues will reach $696

million this year and grow to $1.5 billion

by 2020 as brand investment doubles.

Februari 14, 2017.

https://newzoo.com/insights/articles/espo

rts-revenues-will-reach-696-million-in-

/.

Wibowo, Arya. Game Prime. Oktober 2017.

https://www.gameprime.org/2017/10/esp

orts-growth-rate-southeast-asia/.

Wijayanti, S. Pola Seting Ruang Komunal

Interaksi Sosial Mahasiswa Arsitektur FT

UNDIP. Semarang: Program Magister

Arsitektur UNDIP, 2000.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v1i1.3857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.