PERANCANGAN SEKOLAH PERTANIAN DENGAN PENDEKATAN COMMUNITY DEVELOPMENT DI KLAPANUNGGAL KABUPATEN BOGOR

Ragil Utami Ayu, Atie Ernawati, Elfitria Wiratmani

Abstract


Abstrak : Klapanunggal merupakan salah satu daerah penghasil pertanian di Kabupaten Bogordengan mempunyai luas wilayah 9.587,92 ha. Menurut Badan Pusat Statistik tahun 2018 bahwaluas panen di Kecamatan Klapanunggal mempunyai luas 213 ha. Namun seiring bertambahnyakebutuhan masyarakat pada pangan dan minimnya ilmu pengetahuan. Untuk itu perlu suatu wadahyang bisa meningkatkan dan mengembangkan pertanian di Klapanunggal dengan cara membuatperancangan Sekolah Pertanian dengan pendekatan community development di Klapanunggal.Penggunaan metode pendekatan community development ini bertujuan untuk meningkatkanpendidikan dan ilmu pengetahun di bidang pertanian serta untuk meningkatkan hasil pangan danekonomi daerah.Kata Kunci : community development, Klapanunggal, Sekolah Pertanian

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Badan pusat Statistik. 2016. Kecamatan

Klapanunggal dalam Angka 2017

Departemen Pendidikan. No.24 Tahun 2017.

Sarana & Prasrana

Nasdian, Fredian Tonny. 2014. Pengembangan

Masyarakat. Yayasan Pustaka Obor

Indonesia. Jakarta

Neufrt, Ernst. 1992. Data Arsitek Edisi 1.

Erlangga: Jakarta.

Pemerintah Kabupaten Bogor . 2016. Rencana

Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bogor

-2036.

Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan. 2013.

Struktur Kurikulum SMK dan MAK.

Jurnal

Kumalawati, Mita. 2017. Genengadal Community

Center (Sebagai Pusat Kegiatan Belajar

Masyarakat dengan Pendekatan Desain

Arsitektur Vernakular). Program Studi

Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas

Muhammadiyah, Surakarta.

Siddiq Annur, Achmad. Baso Mappatur, Andi.

Penerapan Prinsip Sustainable

Development pada Perancangan Pondok

Pesantren Enterpreneur. Jurusan Teknik

Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi,

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v1i1.3864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.