PERANCANGAN INFORMATION DIGITAL CREATIVE CENTER DI KOTA DEPOK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KATALIS

Suryadi Suryadi, Soepardi Harris, Wiyoga Triharto

Abstract


Perancangan Information Digital Creative Center di Kota Depok ini merupakan wadah yang dapat menampung segala kegiatan dan kebutuhan industri kreatif di Kota Depok, baik dari segi pendidikan maupun komersialnya. Perancangan ini dilakukan mengigat belum terdapat suatau wadah yang mampu mengembangkan kreatifitas masyarakat khususnya pemuda di Kota Depok. Hal ini yang menjadi salah satu peluang didirikanya “Information Digital Creative Center” dengan beberapa program pelatihan dibidang digital industri kreatif yang didukung dengan fasilitas dan sarana prasarana yang lengkap dan dengan teknologi masa kini. Penerapan pendekatan Arsitektur Katalis merupakan analogi dari cara kerja unsur katalisator dalam ilmu kimia yang diterapkan kedalam arsitektur, introduksi dari suatu elemen atau nilai baru kedalam suatu kawasan akan menjadikan perubahan pada seluruh elemen suatu kawasan. Perubahan yang terjadi bisa perubahan pada pola kehidupan, dan penghidupan masyarakat, bentuk, karakter  dan kwalitas dari elemen-elemen suatu kawasan. Dengan fungsi dan jenis kegiatan pada bangunan ini bergerak dibidang industri kreatif maka dipilih konsep bangunan dengan tema modern. Perancangan ini diharapkan mampu memberikan solusi sebagai upaya  membantu pemerintah Kota Depok untuk meningkatkan kreatifitas para pemuda serta mampu mengatasi permasalahan pengangguran di Kota Depok.


Full Text:

PDF

References


Neufert, Ernst. 2002. Data Arsitek Jilid 3. Erlangga. Jakarta.

Choiriyyah, Nuri. 2019. “Perancangan Pusat Kreativitas Pemuda Sidoarjo Creativ Center Dengan Pendekatan Thematic Design”. Kabupaten Sidoarjo. Universitas Negri Sunan Ampel.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok. 2018.

http://sippa.ciptakarya.pu.go.id/

Vincent. 2015. “Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Youth Creative Center di Yogyakarta. Yogyakarta. Universitas Atmajaya Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.