PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PSIKOLOGI DI JAKARTA TIMUR

Deni Ismanto, Asri Budiarto, Karya widyawati

Abstract


Fasilitas Pendidikan bagi anak-anak pengidap disabilitas di Jakarta timur, terutama Kota Jakarta Timur , kurang memadai dengan apa yang dibutuhkan oleh murid-murid dengan disabilitas mental. Lemahnya kualitas pendidikan yang mereka dapatkan salah satunya dikarenakan fasilitas sekolah luar biasa yang tidak mendukung dan malah menghambat perkembangan dari anak-anak disabilitas. Untuk mengadakan fasilitas sekolah luar biasa perlu diperhatikan tingkat kenyamanan dan kemudahan akses bagi anak-anak dengan disabilitas mental, apalagi kebutuhan khusus yang mereka punya memerlukan penanganan berbeda dari anak biasanya. Untuk bisa memenuhi kebutuhan khusus yang diperlukan anak disabilitas maka penulis mendasarkan konsep bangunan dengan tema arsitektur Psikologi ; yakni cabang arsitektur yang menerapkan studi ilmu psikologi dalam rancangan.. Arsitektur Psikologi , dalam penerapannya pada desain sekolah luar biasa untuk murid-murid SLB (pengidap disabilitas mental, lebih mengedepankan rancangan yang berkorelasi pada kebutuhan pengguna disibilitas guna memudahkan mereka dalam belajar.

Full Text:

PDF

References


- Dinas Sosial Jakarta timur . 2008. Jenis-Jenis Penyandang Cacat.

- Dinas Sosial Jakarta timur . 2008. Tingkat Keparahan Penyandang Cacat.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.