PERANCANGAN AKADEMI OLAHRAGA ANAK DI SUKABUMI DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR

Santi Eka Sulistiani, Asri Budiarto, Bambang Perkasa Alam

Abstract


Akademi Olahraga Anak di Sukabumi merupakan fasilitas yang berfungsi sebagai sarana pendidikan jasmani bagi anak-anak dengan rentang usia 4 – 6 tahun.. Pada usia seorang anak 4 – 6  pertumbuhan fisiknya sudah mulai berkembang dan gerakan-gerakan organ jasmaninya sudah mulai terarah dan lincah serta sudah mulai menguasai gerak gerik motorisnya. Olahraga fisik menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu proses tumbuh kembang seorang anak. Seorang anak yang mengikuti kegiatan olahraga akan mendapatkan manfaat seperti meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak, maka dari itu perlu adanya suatu wadah yang dapat memfasilitasi kegiatan olahraga anak, brupa Akademi Olahraga Anak. Perancangan Akademi Olahraga Anak ini menggunakan pendekatan Psikologi Arsitektur, yang di arahkan pada pemilihan warna, di gunakan baik di luar bangunan maupun di dalam bangunan. Warna akan menjadi elemen pendukung pada ruangan dengan pemilihan warna yang disesuaikan dengan karakteristik ruang yang ada. Dengan adanya perancagan Akademi Olahraga Anak di Sukabumi di harapkan dapat membantu dalam upaya meningkatkan kesehatan bagi anak – anak.

Full Text:

PDF

References


Deddy Halim, P. (2005). PSIKOLOGI ARSITEKTUR Pengantar Kajian Lintas Disiplin. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Habsari, S. U. H. (2010). APLIKASI SEMIOTIK & EFEK PSIKOLOGI TAMPILAN WARNA PADA RUMAH MINIMALIS. Riptek, 2.

Marysa, I., & Anggraita, A. (2016). Studi Pengaruh Warna Pada Interior Terhadap Psikologi Penggunanya. Jurnal Desain Interior, 3-4.

Neufert, Ernst. 1996. Data Arsitek, jilid I Edisi 33, Terjemahan Sunarto Tjahjadi. Jakarta :Erlangga.

Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf LN., M. (2000). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Pradaya, B., Ragil, I., Admojo, W., & Dewi, N. K. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI BOLA BASKET PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Kumara Cendekia, 3.

Sari, S. M. (2004). PERAN WARNA INTERIOR TERHADAP PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Dimensi Interior, 9.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.