FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI RPTRA KEBON PALA BERSERI

Eigis Yani Pramularso, Ratnawaty Marginingsih

Abstract


Perhatian pemerintah terhadap kualitas pelayanan menjadi penting sehingga masyarakat merasa puas dengan berbagai kepentingan layanan yang dibutuhkannya. Pemerintah dengan segala upaya tentu berusaha optimal sebagai pihak yang diberi amanah untuk dapat mewujudkannya dengan kapasitas yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan melalui bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan masyarakat di RPTRA Kebon Pala Berseri. Sampel penelitian berjumlah 74 responden dari populasi yang merupakan seluruh publik yang pernah datang dan menjadi pengguna RPTRA. Metode penggumpulan data memakai angket yang disebar untuk kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaminan, dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat sedangkan bukti langsung, keandalan, daya tanggap tidak berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di RPTRA Kebon Pala Berseri.


Full Text:

PDF

References


Arifin, J. (2008). Statistik Bisnis Terapan dengan Microsoft Excell 2007. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Audina, N. I. F. (2019). Berkunjung ke RPTRA Kebon Pala Berseri, Jangan Lupa Foto di 4 Lokasi Ini. Retrieved from TribunJakarta.com website: https://jakarta.tribunnews.com/2019/04/10/berkunjung-ke-rptra-kebon-pala-berseri-jangan-lupa-foto-di-4-lokasi-ini

Dahmiri, & Suzana, V. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun (Studi pada Mahasiswa Universitas Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 5(3). Retrieved from http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Hernowo, E., & Navastara, A. M. (2017). Karakteristik Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bahari di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Jurnal Teknik ITS, 6(2), 4–7. https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.25293

Katharina, R., Ardiyanti, H., Lindawaty, D. S., & Sendhikasari, D. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

KeMenPAN. Kepmen PAN Nomor : 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. , (2004).

Kirom, B. (2015). Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Nilasari, E., & Istiatin. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma, 13(01).

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197

Puji/Kominfomas. (2016). RPTRA Kebon Pala Berseri Akan Diresmikan Gubernur. Retrieved from Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur website: http://timur.jakarta.go.id/v19/news/Pembangunan/1090/RPTRA-Kebon-Pala-Berseri-Akan-Diresmikan-Gubernur

Ravel, S. (2018). Kini Ada Taman Lalu Lintas Pertama di RPTRA Jakarta Timur. Retrieved from KOMPAS.com website: https://megapolitan.kompas.com/read/2018/02/22/13025291/kini-ada-taman-lalu-lintas-pertama-di-rptra-jakarta-timur

Saputra, T. (2016). Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 4(2), 89–100. https://doi.org/0000-0002-5642-2339

Sinaga, J. O., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(1), 7–14.

Sutrisno, E., & Maryono, J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Lembaga Pemasyarakatan Kellas IIB Slawi. Multiplier, I(1).

Syopian, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pelindo II Cabang Bengkulu. CREATIVE RESEARCH MANAGEMENT JOURNAL-CRMJ, 1(1), 1.

Tamara, N. I. ., Mananeke, L., & Kojo, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Emba, 6(4), 3523–3532.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.