KAJIAN ARSITEKTUR MODERN PADA BANGUNAN PUSAT MODE

Melani Cahyani, Yeptadian Sari

Abstract


Arsitektur modern merupakan gaya arsitektur yang berasal dari ide pemikiran atau gagasan yang menunjukan kebebasan bangunan dan berorientasi pada massa kini ke dalam bentuk yang sederhana, bersih dari ornamen dan menggunakan kemajuan teknologi dalam pembangunann. Dari penelusuran literatur dan teori, arsitektur modern mempunyai konsep tentang bangunan yang fungsional dan memiliki 6 prinsip yaitu; (1) Bangunan kontras terhadap lingkungan; (2) Kejuran pada bahan bangunan; (3) Bangunan mengikuti fungsi; (4) Less is more; (5) Nihilsm; (6) Bangunan memanfaatkan kemajuan teknologi. Penelitian ini mengambil studi kasus bangunan Lassale Collega of the Arts di Singapore.Tujuan penelitian ini adalah memahami bangunan yang menerapkan konsep arsitektur modern dan memahami prinsip-prinsip arsitektur modern pada bangunan pusat mode. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif dan kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menjelaskan prinsip-prinsip arsitektur modern dan penerapanya dalam bangunan pusat mode secara deskriptif. Penelitian ini bangunan Lassale Collega of the Arts Singapore merupakan bangunan yang menerapkan beberapa prinsip arsitektur modern yang dapat dilihat pada bentuk bangunannya.


Full Text:

PDF

References


Wahid, J., & Alamsyah, B. (2013). Teori Arsitektur: Suatu Kajian Perbedaan Pemahaman Teori Barat Dan Timur. Graha Ilmu. Yogyakarta

LUSSYANA ALFRIETTA. (2000). PUSAT MODE DI JAKARTA Pendekatan Desain Arsitektur Post Modern. UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG.

Riyadi, G. W., Mauliani, L., & Sari, Y. (2019). SINGAPORE POLYTECHNIC DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN DI TANGERANG.UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

Prasetyo, T. H., Widyarthara, A., & Maringka, B. (2017). PUSAT KEBUGARAN & KECANTIKAN

DI KOTA MALANG, TEMA ARSITEKTUR MODERN. INSTITUT TEKNOLGI NASIONAL MALANG




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.