Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tematik 1 Tema 7 Kelas 1 Sekolah Dasar

Dewi Leyla Rahmah, Een Juhriah

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi dunia pendidikan tidak dapat lepas dari perkembangan kemajuan teknologi informasi. Beberapa bentuk perkembangan teknologi seperti komputer, elektronik dan telekomunikasi untuk mengolah dan mendidtribusikan informasi dalam betuk digital. Program komputer atau aplikasi komputer dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar ditingkat pendidikan seperti SD atau Madarasah Ibtidaiyah melalui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran konvensional dengan membaca buku atau menggunakan alat peraga dirasakan kurang efektif dalam pembelajaran karena siswa mudah bosan atau tertinngal pelajaran dan guru harus memiliki suatu cara agar tujuan dari pembelajaran tercapai. Pengembangan multimedia pembelajaran ini  menggunakan software macromedia flash untuk menghasilkan  suatu aplikasi media pembelajaran dengan bentuk animasi berupa gambar,suara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu pengembangan media pembelajaran yang diadopsi dari salah satu buku pelajaran yang dibuat melalui  media audio dan visual sehingga siswa dapat lebih memahami bahasa buku selain bahasa yang disampaikan oleh pengajar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan metode Research & Development (R&D). Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket berupa kuisioner sebanyak 20 responden guru. Hasil pengujian untuk materi animasi flash sudah cukup baik. Ini terbukti dari Penelitian ini dapat diterima dengan baik terbukti dengan jumlah porsentase dari materi pada pengembangan multimedia pembelajaran  ini sudah sesuai dengan silabus sebesar 86%. Tombol navigasi berfungsi dengan baik dengan nilai porsentase sebesar 77%. Dan tampilan media pembelajaran animasi flash ini menarik dengan jumlah porsentase sebesar 73%.Hal ini dapat dikatakan penelitian dalam pembuatan aplikasi pembelajaran interaktif dengan macromedia flash dapat diterima cukup baik.

Full Text:

PDF

References


Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62 Arda, A., Saehana, S., & Darsikin, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas VIII. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77. Bahasa, P. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Cetakan 9 edisi IV. Dyah D. Andayani, R. T. M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Bidang Kelistrikan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 401–411. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7356 HARTA, I. K. (2017). Pengembangan Prototipe Egg Boiler Sebagai Media Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Untuk Materi Teknologi Tepat Guna Kelas Xi Mia Sma Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v14i2.11104 khairani, majidah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422 Molnar, V. (2010). Reframing public space through digital mobilization: Flash mobs and the futility (?) of contemporary urban youth culture. Theory, Culture, and Society, 1–33. Penilaian, S., Pada, P., Belajar, H., & Salatiga, N. (2013). Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23. Sugiyono. (2018). Metode Penilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Sukamto, E. B., & Senam, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer Dengan Program Macromedia Flash 8. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 143–156. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7604 Sumarsih, S., & Mukminan, M. (2016). Pengembangan Multimedia Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Pesanan Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Uny. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 92. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8266 Tanrere, M., & Side, S. (2012). Pengembangan Media Chemo-Edutainmentmelalui Software Macromedia Flash MX pada Pembelajaran IPA Kimia SMP. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(2), 156. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i2.77 Umam, K. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1. 2016pp84-92 Wibowo, S., & Nilawati, F. E. (2015). Media Pembelajaran Animasi Penyerbukan Pada Tumbuhan Menggunakan Macromedia Flash 8. Techno.COM, 14(2), 151–158. Wicaksono, S. (2016). the Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 in Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.2548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: