Pemberdayaan Sekolah Melalui Sosialisasi Dan Pelatihan Ict

Somawati Somawati, Siti Julaeha, Andri Andri

Abstract


Tujuan dari pemberdayaan ini adalah untuk memberikan pengenalan dan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya penguasaan teknologi informasi dan komunikasi atau lebih dikenal dengan istilah ICT (Information and Communications Technology). Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ICT dilakukan di salah satu sekolah menengah kejuruan swasta program Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di Jakarta. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode Survey, ceramah, praktik pelatihan dan diskusi konsultasi. Dalam kegiatan ini, disampaikan tentang penggunaan komputer yang tidak hanya digunakan untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan informasi, baik secara individu maupun kelompok, intra network/ intranet  maupun internasional network/ internet, akan tetapi digunakan sebagai kebutuhan primer dan dapat menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian banyak kalangan. Dengan adanya jaringan internet siswa dapat mengakses data apa saja dengan melakukan browsing ke berbagai penyedia data (server) di berbagai belahan dunia. Selain itu dengan didukung adanya website di sekolah tersebut menjadikan suatu tren tersendiri di dunia pendidikan dan website di sekolah tersebut memperoleh perhatian, tanggapan yang sangat bagus dari berbagai pihak baik dari tenaga kependidikan, siswa serta masyarakat. Indikator pencapaian kegiatan ini yaitu siswa menjadi lebih memahami tentang pentingnya penggunaan ICT dan pada website sekolah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran oleh pihak sekolah SMK Wisata Indonesia Jakarta. Antusiasme siswa dan beberapa guru yang memantau kegiatan ini menjadikan sosialisasi dan pelatihan ini diperlukan oleh sekolah agar kualitas sumber daya manusianya yang merupakan produk dari pendidikan itu semakin baik dan dapat bersaing dalam dunia yang berbasiskan teknologi.

Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. In PT Elex Media Komputindo. Abu Bakar, K. A. (2018). pemanfaatan tka sebagai solusi peningkatan layanan pendidikan di daerah pinggiran secara out of box. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan. https://doi.org/10.24832/jpkp.v2i2.186 Cepi Riyana, M. P. (2017). Peranan teknologi dalam pembelajaran. In peranan teknologi dalam pembelajaran. Chandra, Y. I., & Kosdiana. (2018). Rancang Bangun Jaringan Komputer Nirkabel Dan Hotspot Menggunakan Router Mikrotik Rb850gx2 (Studi Kasus Di STMIK Jakarta STI&K). Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018. Effendi, D., Hardiyana, B., & Gustiana, I. (2016). Perancangan program aplikasi pembelajaran ipa materi sistem pernapasan berbasis multimedia untuk siswa sdlb bagian b tuna rungu menggunakan object oriented approach. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.773 Hakim, S. N., & Raj, A. A. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Jurnal UNISSULA. Hayat (Universitas Islam Malang). (2014). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pelayanan Publik dalam Kerangka Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Civil Servive: Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS. Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.111 Lumban Batu, R; Ramadhani, S. S. (2014). Analisis citra perguruan tinggi amerika sertkat terhadap keputusan untuk metanjutkan studi. Jurnal Imu Manajemen & Bisnis. Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107 Rahim, M. Y. (2016). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman. https://doi.org/10.24252/.V6I2.1408 Suryani, K. (2017). Efektivitas Pelatihan Sertifikasi Komputer Dasar Menggunakan Teory Rough Set Dan Program Rosseta. Jurnal Sistem Informasi. https://doi.org/10.21609/jsi.v13i2.553 Winarno, D. S. (2013). Dampak Media Sosial Youtube Bagi Mahasiswa. Deni Salim Winarno.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.2578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: