Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Materi Fisika Listrik Magnet Menggunakan Matlab
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar fisika listrik magnet menggunakan Matlab. Penelitian ini dilakukan di Universitas Indraprasta PGRI, pada semester genap tahun akademik 2019/2020 dengan sampel berjumlah 120 mahasiswa. Pengambilan sampel acak berdasar area (Cluster Random Sampling). Cluster Random Sampling adalah teknik sampling secara berkelompok. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajarfisika listrik magnet menggunakan Matlab dengan nilai sig sebesar 0,020 dan nilai Pearson Correlation sebesar 0,213 yang artinya bahwa terdapat korelasi dengan yang lemah antara minat belajar dan prestasi belajar fisika listrik magnet menggunakan Matlab.
Full Text:
PDFReferences
Erlando Doni Sirait. (2016). Pengaruh Minat Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal
Formatif, 6 (1), 35-43.
Hutahaean, Ramses Yohanes. (2018). Pemrogaman
Matlab untuk Mahasiswa. Yogyakarta : Penerbit
Andi.
Rahma wati, dkk. (2017). Pengaruh Minat Belajar
Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal
Pembelajaran Fisika, 5(2), 21-32.
Siwi Puji Astuti. (2015). Pengaruh Kemampuan
Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1), 68-75.
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



