Penerapan Basis Data Relasional Pada Divisi Layanan Pelanggan Pt Abc

Hendro Purwoko, Han Sulaiman

Abstract


Sebagai media penyimpan dengan tipe data yang bervariasi, penerapan basis data berelasi menggunakan Microsoft SQL server dimanfaatkan oleh PT ABC pada divisi layanan pelanggan agar dapat diakses melalui platform web, desktop serta mobile yang beroperasi selama 24 jam dalam menangani beberapa aktivitas, seperti: memasukkan data pelanggan dengan produk yang ditawarkan oleh staf sales (SPG/SPB), data staf sales, lokasi penjualan, aktifitas konsultasi, penawaran promosi suatu produk atau pengaduan. Basis data yang berelasi ini dibentuk dengan melakukan tiga tahap perancangan yang disebut Database Life Cycle yaitu: mendesain konsep berdasarkan hasil wawancara agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perancangan basis data dalam bentuk Entitas, membuat kode logis dengan Data Definition Language sesuai dengan konsep skema dan terakhir adalah perancangan fisik agar basis data menjadi ringan dan efisien dengan memanfaatkan Subroutine sehingga mampu menghasilkan laporan yang real time.

Full Text:

PDF

References


Nunu Kustian, Aan Risdiana, D. P. (2019).

Pengembangan Sistem Basis Data dalam

Pembuatan Aplikasi Monitoring Call Center.

Seminar Nasional Teknoka, 4(2502), 15–19.

https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknok

a/article/view/4273/1343.

Puspitasari, D., Watequlis, Y., & Asmara, R. A.

(2017). Penggunaan Tansact SQL (T-SQL)

Pada Pengembangan Aplikasi Manajemen

Basis Data Berbasis Web. Jurnal Simantec,

(Desember), 8.

Sutan Mohammad Arif, H. P. (2020). Perancangan

Basis Data Oracle Standar Operasional

Prosedur Pada PT FT. Seminar Nasional Riset

Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 43–46.

Varga, S., Cherry, D., & D’Antoni, J. (2016).

Introducing Microsoft SQL Server 2016 -

Mission-Critical Applications, Deeper

Insights, Hyperscale Cloud. Microsoft Press.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: