Rancang Bangun Sistem Penjadwalan Uji Kompetensi Menggunakan Java Di Pt Leskomel Lestari Indonesia

Muhamad Ilman Nuralim

Abstract


PT Leskomel Lestari Indonesia masih kesulitan dalam menyusun jadwal yang baik, pembuat jadwal perlu memperhatikan bahwa jadwal yang dibuat tidak ada kesamaan data atau kesamaan jam antar asesor satu dengan asesor yang lain dalam satu waktu tertentu. Begitu pula dengan bentuk penginformasian jadwal, terdapat kesulitan dikarenakan penjadwalan belum memiliki aplikasi. Peneliti merumuskan masalah bagaimana alur penjadwalan uji kompetensi menggunakan pemrograman Java serta bagaimana memberikan jadwal uji kompetensi kepada asesor secara terprogram agar tidak terjadi kesamaan dengan asesor yang lain dan bagaimana memberikan data penilaian peserta uji kompetensi kepada asesor untuk melihat rekap hasil sertifikasi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif yaitu pengamatan, wawancara atau penelaahan dokumen. Metode pengumpulan datayang digunakan adalah dengan melakukan wawancara yaitu bentuk komunikasi antara dua orang melibatkan seseorang yang lain, memperoleh informasi dari seseorang lainnya dengan mengajukan pertanyaan - pertanyaan, berdasarkan tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini Mengetahui alur sistem penjadwalan uji kompetensi menggunakan pemrograman Java serta memberikan jadwal uji kompetensi kepada asesor secaraterprogram agar tidak terjadi kesamaan dengan asesor yang lain dan Memberikan data penilaian peserta uji kompetensi kepada asesor untuk melihat rekap hasil sertifikasi.

Full Text:

PDF

References


Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan

Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek

Kerja Lapangan (Pkl) Pada Devisi Humas Pt.

Pegadaian. Intra-Tech, 2(2), 12–26.

Ramdani, M. L. dan W. P. (2020). Metode

Penelitian Kualitatif. Jurnal Riset Dan

Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI).

Setiawan, A., Lina, I. M., Parwatiningtyas, D.,

Informatika, P. S., Gedong, K., Rebo, P., &

Timur, J. (2020). Sistem Informasi

Administrasi Kegiatan ( Event ). 01(03), 384–

Siswanto, R., Susanto, A., & Saputra, E. (2020).

Sistem Informasi Helpdesk Ticketing di PT

Tunas Artha Gardatama. Jurnal Riset Dan

Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI),

(03), 297–303.

https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.313

Subhi, I. D., & Irfansyah, P. (2020). Rancang

Bangun Sistem Aplikasi Absensi dan

Penilaian Prestasi Kerja pada Remaja Center.

Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa

Informatika (JRAMI), 1(02), 207–214.

https://doi.org/10.30998/jrami.v1i02.245

Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall

Untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan

Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal

Teknologi Informasi ESIT, XII(01), 41–56.

https://doi.org/10.5749/j.cttttv6b.5




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: