Perancangan Aplikasi Edukasi Menghitung Luas Dan Keliling Bangun Datar Berbasis Android

Nendi Juliansyah, Herlinda Herlinda, Berta Dian Theodora

Abstract


Penggunaan Smartphone dapat memudahkan kegiatan sehari-hari bukan hanya untuk berkomunikasi tetapi juga dapat membantu dalam mencari pekerjaan, hiburan, termasuk bidang pendidikan. Salah satu subyek palajaran yang menjadi momok bagi sebagian besar pelajar adalah matematika. Matematika mulai diperkenalkan pada jenjang pendidikan dasar yaitu mulai dari konsep bilangan, konsep aritmatika. Selanjutnya diperkenalkan pula konsep lainnya seperti geometri: pengukuran bentuk dan posisi bentuk dua dimensi dan tiga dimensi. Penulis mengangkat konsep geometri bentuk dua dimensi, yaitu bangun datar, untuk dibuatkan aplikasi pembelajaran berbasis Android yang menyediakan audio visual sebagai prototipe yang dikembangkan untuk materi ajar sehingga dapat meningkatkan minat belajar murid. Dengan menggunakan metode perancangan Flowchart dan pengujian menggunakan Black Box. Hasil dari penelitian ini adalah rintisan aplikasi edukasi menghitung luas dan keliling bangun datar berbasis Android, yang dapat memudahkan murid menghitung keliling dan luas bangun datar serta meningkatkan pemahaman konsep bangun datar.

Full Text:

PDF

References


Arindiono, R., Arindiono, R. J., & Ramadhani, N.

(2013). Perancangan Media Pembelajaran

Interaktif Matematika untuk siswa kelas 5 SD.

Jurnal Sains Dan Seni ITS, 2(1), F28–F32.

https://doi.org/10.12962/j23373520.v2i1.2856

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P.

(2019). Pengembangan Media Pembelajaran

Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran

Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal

Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56.

https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Ayuliana. (2012). Teknik Pengujian Perangkat

Lunak – Black Box Testing. 14 April.

Hermawan, S. (2011). Mudah membuat aplikasi

android. Yogyakarta: Andi Offset.

Kadir, A. (2014). Pengertian Sistem Informasi

Menurut Abdul Kadir. In Pengenalan Sistem

Informasi Edisi Revisi.

Suarga dan Math, M. (2012). Algoritma dan

Pemrograman. Yogyakarta: AND.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran

teori dan aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika

Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional Direktorat Jendral Pendidikan

Tinggi.

Yuhefizar. (2012). Cara Mudah Membangun

Website Interaktif Menggunakan CMS Joomla

Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: