Implementasi E-Commerce Dengan Pendekatan Bmc, Cms, Seo Dan Strategi Mix Marketing

Alfin Gunawan, Agus Umar Hamdani

Abstract


Distro XYZ merupakan salah distro di Jakarta yang berdiri sejak 2014 dan bergerak di bidang perdagangan, seperti : Tshirt , hoodie, sepatu, kemeja dan banyak lainnya. Adapun permasalahan yang terjadi oleh distro Distro XYZ ini, antara lain: kesulitan mengetahui informasi stok produk, proses pemesanan produk yang kurang efektif, dikarenakan customer harus datang langsung ke toko dan pengolahan data penjualanmembutuhkan waktu yang lama dikarenakan masih ditulis tangan, Pihak toko selama ini belum memiliki media khusus untuk mempromosikan produk-produknya dan transaksi penjualan masih dilakukan secara tradisional. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah penjualan berbasis web berupa website E-commerce dan mengoptimasi situs tersebut dengan metode SEO (Search Engine Optimization) untuk mempermudah transaksi dan memberi kenyamanan berbelanja bagi pelanggan serta menjadikan situs tersebut dapatmenduduki peringkat 10 teratas pada mesin pencari sehingga pelanggan dapat dengan mudah mencari situs tersebut. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, analisa dokumen, dan studi literature. Sedangkan untuk analisa model bisnis menggunakan pendekatan Bussines Model Canvas. Tools yang digunakan untuk implementasi model E-Commerce pada penelitian ini adalah Content Management System (CMS) Wordpress dan untuk implementasi strategi marketing menggunakan pendekatan strategi mix marketing 4P (Product, Promotion, Price dan Promotion). Hasil akhir penelitian ini adalah prototipe E-Commerce untuk mendukung aktivitas penjualan Distro XYZ dan memperluas jangkauan pemasaran produk.

Full Text:

PDF

References


B. Praditya, D. A. dan S. (2014). Penggunaan

Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang

Website Sebagai Media Promosi pada Maroon

Wedding Malang. Akuntansi, Ekon. Dan Manaj.

Bisnis, 2(1), 63–69.

Buchari, A. (2005). Manajemen Pemasaran dan

Pemasaran Jasa (Cetakan 5). Alfabeta.

F. Royan. (2005). Bisnis Model Kanvas Distributor.

PT. Gramedia.

G. Kotler, P. dan A. (1997). Dasar-dasar

Pemasaran (Jilid Satu). PT. Prenhallindo.

K. Hernawati. (2019). Optimalisasi SEO (Search

Engine Optimizer) Sebagai Upaya

Meningkatkan Unsur Visibility Dalam

Webometric. Seminar Nasional Matematika Dan

Pendidikan Matematika.

Listianto, Fergiawan, dkk. (2017). Aplikasi ECommerce Berbasis Web Mobile Pada Industri

Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten

Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal

Technology Acceptence Model, 8(2).

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015).

Implementasi E-Commerce Sebagai Media

Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis,

(1), 1–9.

Nugroho, A. (2006). E-Commerce Memahami

Perdagangan Modern di Dunia Maya.

Informatika.

P. Brambilla, M. & F. (2014). Interaction Flow

Modeling Language : Model-Driven UI

Engineering of Web and Mobile Apps with

IFML. Elsevier Science.

Rahmidani, R. (2016). Sistem Informasi Penjualan

Alat Tulis Kantor Berbasis Web Pada CV.

Sumber Rezeki Jakarta. Prosiding Seminar

Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Komputer Nusa Mandiri.

Riandika, Dedi dan Umar Hamdani, A. (2020).

Implementasi E-Commerce dengan Teknik SEO

dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan

Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ

Motoshop. Jurnal Media Informatika

Budidharma, 4(3).

Setyaningsih, S. U. (2010). Pengaruh Teknologi

Informasi Dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal

Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1),

–67.

Stephen Haag, P. G. . W. . K. (1996). McGraw-Hill ,

- Information Technology : Tomorrow ’ s

Advantage Today. 1996.

Widodo, P. dkk. (2011). Pemodelan Sistem

Berorientasi Obyek Dengan UML. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: