Sentiment Analysis Review Novel “Goodreads” Berbahasa Indonesia Menggunakan Naïve Bayes Classifier

Diana Ikasari, Widiastuti Widiastuti

Abstract


Novel best seller atau novel yang terlaris adalah novel yang banyak diminati oleh pembaca. Orang tidak bisa melihat sebuah novel didefinisikan bagus hanya berdasarkan judul, karena terkadang judul tidak banyak bercerita tentang isi. Novel akan menjadi best seller setelah orang banyak membaca kemudian memberikan review/testimoni terhadap novel tersebut. Review dari pembaca akan memberikan peningkatan terhadap minat untuk membaca novel tersebut apabila review bernilai bagus. Review tentang sebuah produk sangat penting dalam menentukan pembelian produk, analisis sentimen merupakan proses memahami, mengekstrak dan mengelola data tekstual secara otomatis untuk mendapatkan informasi sentimen yang terkandung dalam suatu kalimat opini. Hasil dari analisis sentimen adalah bentuk penilaian berkecenderungan positif atau negatif dari review pengguna yang dapat memberikan informasi guna pengambilan keputusan untuk membaca atau membeli novel tersebut. Data review novel diambil melalui situs goodreads.com yang memiliki ribuan review tentang sebuah novel. Analisis sentimen dalam penelitian ini mengggunakan naïve bayes classifier sebagai metode klasifikasi.

Full Text:

PDF

References


Liu, B. (2010). Hand Book of natural Languange

Processing, Chapter Sentiment Analysis and

Analysis, 2nd Edition, Chapman & Hall/CRC

Press.

Lyu Kigon, Kim Hyeoncheol. (2016). Sentiment

Analysis Using Wrd Polarity of Social Media.

Springer Science, Businee Media, New York.

Mohammad Ali Abbasi, Huan Liu. (2013).

Measuring User Credibilty in Social Media.

Proceeding 6th International Conference, SBP,

Washington DC, USA.

Pang, B., Lee, L., & Vithyanathan, S. (2008).

Sentiment Classification Using Machine

Learning Techniques.

Zhang, L., Hua, K., Wang, H., Qian, G., & Zhang,

L. (2014). Sentiment Analysis on Reviews of

Mobile Users. Procedia Computer Science, pp

-465.

Ziqiong Zhang, Qiang Ye, Zili Zhang, Yijun Li.

(2011). Sentiment Classification of Internet

Restaurant Reviews Written in Cantonese.

Expert System with Application.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: