Analisis Sentimen Twitter Kebiasaan New Normal

Nurfidah Dwitiyanti, Noni Selvia

Abstract


Pandemi Covid-19 merupakan salah satu pandemi terbesar di dunia karena pandemi ini menyerang tidak hanya satu daerah saja tetapi seluruh daerah yang ada di dunia ini. Akibat dari pandemi ini ini juga dapat dirasakan di semua sendi kehidupan terutama pada bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Dimana semua kegiatan menjadi sangat terbatas. Oleh karena itu, agar masyarakat dapat melakukan kegiatan seperti biasa namun tetap menjaga protokol kesehatan maka pemerintah mencoba menerapkan suatu “kebiasaan baru” atau disebut juga kebiasaan New Normal. Dengan adanya adaptasi kebiasaan baru ini menimbulkan respon yang berbeda-beda dari setiap individu. Ada beberapa kemungkinan respon yang muncul dari masyarakat yaitu respon positif, respon negatif, dan mungkin bisa jadi ada yang tidak tahu harus merespon seperti apa (netral). Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan analisis sentimen dalam mengklasifikasipandangan atau opini masyarakat dalam merespon penerapan adaptasi keadaan New Normal melalui media sosial Twitter kedalam level sentiment. Penelitian ini menggunakan analisa sentimen pada data twitter dengan menggunakan bantuan Python dalam metode penelitiannya. Terdapat 3 tahapan dalam proses analisa datanya diantaranya dimulai dari crawling data, preprocessing dan terakhir hasil klasifikasi serta visualisasi hasil. Berdasarkan hasil penelitian, dari analisis sentiment twitter diperoleh 57% menghasilkan nilai positif, 35% menghasilkan netral, dan negatif sebesar 8%.

Full Text:

PDF

References


Fang, X., & Zhan, J. (2015). Sentiment analysis

using product review data. Journal of Big

Data, 2(1). https://doi.org/10.1186/s40537-

-0015-2

Fauziyyah, A. K. (2020). Analisis Sentimen

Pandemi Covid19 Pada Streaming Twitter

Dengan Text Mining Python. Jurnal Ilmiah

SINUS, 18(2), 31.

https://doi.org/10.30646/sinus.v18i2.491

Gormantara, A. (2020). Analisis Sentimen Terhadap

New Normal Era di Indonesia pada Twitter

Analisis Sentimen Terhadap New Normal Era

di Indonesia pada Twitter Menggunakan

Metode Support Vector Machine. July, 0–5.

Paramita, M., & Adhiyasati, M. (2020). Bersiap

dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (New

Normal).

https://skata.info/article/detail/690/bersiapdengan-adaptasi-kebiasaan-baru-new-normal

Tuhuteru, H. (2020). Analisis Sentimen Masyarakat

Terhadap Pembatasan Sosial Berksala Besar

Menggunakan Algoritma Support Vector

Machine. Journal Information System

Development (ISD), 4(1).

https://122.200.2.179/index.php/isd/article/vie

w/381




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: