Penerapan Pembelajaran Membaca Pada Usia Dini Menggunakan Aplikasi Quizizz

Rahmawati Rahmawati, Vickry Ramdhan

Abstract


Cara untuk memudahkan anak belajar lancar membaca adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran. Belajar dengan pemanfaatan teknologi dengan aplikasi Quizizz ini disamping menyenangkan, menantang, dan interaktif akan berkontribusi pada peningkatan kompetensi peserta didik dan kreatifitas pendidik. Anak membutuhkan metode yang menarik dalam belajar membaca. Metode ini dapat dinyatakan berhasil apabila menggunakan media yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode ceramah. Metode ini dipilih karena akan efektif dalam Penerapan Pembelajaran Membaca menggunakan Quizizz yaitu dengan memberikan bimbingan dan pengembangan stimulasi membaca siswa menggunakan quizizz. Penggunaan media atau alat pembelajaran akan memberikan variasi dalam proses pembelajaran sehingga anak tidak bosan. Berdasarkan hasil penelitian dengan guru TK Wahyu Bhakti bahwa semua guru memiliki pemahaman yang baik tentang pembelajaran membaca terlihat dari aspek tentang jenis, manfaat, jenis bahan dalam pembuatan media belajar untuk proses pembelajaran sedangkan pemahaman tentang konsep pembelajaran membaca menggunakan Quizizz belumpaham, terlihat juga dengan antusias tenaga pengajar pada penelitian dalam penerapan pembelajaran membaca menggunakan Quizizz, mereka dapat langsung menerapkan dirumah dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar lingkungan rumah mereka. Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca, Quizizz

Full Text:

PDF

References


Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media

Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran

Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di

Bengkulu. Jurnal Kependidikan.

Fridani, Lara; Dhieni, N. (2014). Hakikat

Perkembangan Bahasa Anak. Metode

Pengembangan Bahasa.

Miailita., Basyir, M.N., & Abd, D. (2016). Upaya

Guru Bimbingan Konseling dalam mencegah

kejenuhan Belajar siswa di SMP Negeri

Banda Aceh. Jurnal Ilmia Mahasiswa

Bimbingan Dan Konseling.

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun

multiplayer activity in the accounting

classroom. International Journal of Higher

Education.

https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: