Penggunaan Media Belajar Audio-Visual Bagi Perkembangan Moral Sosial Anak Usia Dini

Yunita Endra Megiati, Noor Komari Pratiwi, Tuty Kurniawaty Saragih

Abstract


Dewasa ini masyarakat semakin menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini diakui dan dirasa perlu karena berpengaruh bagi tumbuh kembang anak agar berkarakter, cerdas, dan kreatif. Usia dini inilah waktu yang paling tepat untuk meletakkan dasar pendidikan nilai moral sosial kepada anak. Peran orang tua sebagai peletak dasar pembangunan moral sosial anak adalah yang utama. Namun, peran guru PAUD, atau setingkatnya, juga penting dalam meletakkan dasar moral sosial seorang anak karena anak-anak senang mendengar dan menuruti perintah gurunya. Oleh karena itu, guru harus senantiasa berupaya dengan berbagai cara agar dapat membimbing peserta didiknya untuk memiliki kepribadian yang dilandasi dengan nilai moral sosial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media belajar audio-visual bagiperkembangan moral sosial anak usia dini. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian terbatas pada usaha untuk mengungkapkan suatu keadaan sebagaimana adanya sehingga bersifat sekadar untuk mengungkapkan fakta. Hasil penelitian menunjukkan hampir semua siswa dalam setiap butir penilaian berada dalam penilaian MB (Masih Berkembang), bahkan ada beberapa siswa pada beberapa butir penilaian yang mulai menunjukkan hasil BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Mengingat tahun ajaran ini merupakan tahun ajaran baru bagi siswa kelas A di PAUD An -Najjah,Kota Bekasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh, dapat dikatakan bahwa penggunaan media belajar audio-visual untuk perkembangan moral sosial anak usia dini sudah cukup berhasil.

Full Text:

PDF

References


Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang

Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan

Teknologi Digital. A Journal of Language,

Literature, Culture and Education.

Ananda, R. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini Implementasi Nilai-nilai Moral

dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal

Obsesi.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT

RajaGrafindo Perkasa.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

(2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia

Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. PT

Remaja Rosdakarya.

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan. (2010).

Undang-Undang SISDIKNAS; Sistem

Pendidikan Nasional.

Luluk, H. (20018). Dasar-Dasar Pendidikan Anak

Usia Dini. Universitas Terbuka.

Panduan “Screen-Time” untuk Mengurangi

Pengaruh Gadget pada Anak Usia Dini. (n.d.).

www.nutriclub.co.id

Suryameng. (2019). Pendampingan Dialogis Orang

Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak

Usia Dini. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan

Anak Usia DIni, 2, 40–49.

http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.ph

p/PAUD/article/view/764

Yanti, R., Ahmad, A., Maidiyah, E., Program, ),

Pendidikan, S., Pendidikan, G., Usia, A.,

Fakultas, D., Dan, K., & Pendidikan, I. (2016).

Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang

Menonton Film Animasi Di Tk Idaman Hati

Kecamatan Sawang Aceh Utara. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: