Analisis Kesiapan Penerapan E-Learning Pada Sekolah Smp Muhammadiyah 2 Tangerang

Lin Suciani Astuti, Dian Novita

Abstract


Proses pembelajaran secara online akan selalu memanfaatkan teknologi informasi dengan berbagai model - model pembelajaran e-learning, baik memakai web, software maupun aplikasi-aplikasi pembelajaran yang lainnya sehingga dapat memperlancar proses pembelajaran online dengan baik dan efektif. Di masa pandemic covid-19 ini, diharuskannya semua sekolah memberlakukan belajar secara online, akan tetapi setiap sekolah memiliki infrastruktur yang berbeda-beda dalam penerapan proses e learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesiapan dalam penerapan E-learning pada sekolah SMP Muhammadiyah 2 Tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian desktiptif. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah kepala sekolah dan para guru di SMP Muhammadiyah 2 Tangerang yang berjumlah 32 responden. Kuisioner/angket ini mempunyai 30 pernyataan dengan pilihan jawaban “Sangat Setuju” dengan skor 5, “Setuju” dengan skor 4, “Netral” dengan skor 3, “Tidak setuju” dengan skor 2, dan “Sangat Tidak Setuju” dengan skor 1. Berdasarkan hasil penelitian maka didapat skor rata-rata hasil analisis kesiapan penerapan E-learning di SMP Muhammadiyah 2 Tangerang sebesar 3.96. Artinya jika berpedoman terhadap tabel skala nilai dan kategori berada di rentang 3,4 < x ≤ 4,2 yang berarti Sekolah SMP 2 MuhammadiyahTangerang siap tetapi masih diperlukan peningkatan bagi dari segi sumber daya manusia, ketrampilan guru, dan anggaran internal yang memadai untuk pelaksanaan E-learning.

Full Text:

PDF

References


Faslah, R., & Santoso, H. B. (2017). Analisis

Kesiapan Implementasi E-Learning

Menggunakan E-Learning Readiness Model.

POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi

Informasi, 3(2), 113.

https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.431

Fisu, A. A. (2016). Analisis Dan Konsep

Perencanaan Kawasan Pelabuhan Kota

Penajam Sebagai Pintu Gerbang Kab.

Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 1, 125–136.

Hariyanti Wiwin, Astra I Ketut Budaya Astra, S. I.

G. (2019). Pengembangan Model Latihan

Fleksibilitas. Jurnal PenjakorA, 6(1), 57–64

Iptian, R. (2019). Pengaruh Kesiapan Guru

Terhadap Pemanfaatan E-Learning. Jurnal

Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 72.

https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p72-77

Kuryanti, & Sandra, J. K. (2016). Rancang Bangun

Sistem E-Learning sebagai Sarana

Pemberlajaran Sandra. Jurnal Khatulistiwa

Informatika, 4(1), 84–92.

https://doi.org/10.1089/pho.2010.2784

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi Pembelajaran

Efektif Berbasis Mobile Learning Pada.

(May).

Purwandani, I. (2017). Analisa Tingkat Kesiapan ELearning (E-Learning Readiness) Studi

Kasus: AMIK Bina Sarana Informatika

Jakarta. Bianglala Informatika, 5(2), 102–

Retrieved from

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bia

nglala/article/view/2976/1895

Restama, M. (2014). Efektifitas Portal Akademik

Sebagai Sarana Penyampaian Informasi

Akademik Bagi Mahasiswa Universitas Riau.

Jom Fisip, 1(2), 1–14.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis

kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika

menggunakan e-learning dalam situasi

pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan

IPA, 6(1), 59–70.

https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan ELearning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4

. 0 Utilization Of E-Learning For Educators

In Digital Era 4 . 0. 338–346.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: