SISTEM INFORMASI RESEPSIONIS PADA SMK NEGERI 8 JAKARTA

Akbar Nur Hidayanto, Dwi Marlina, Fitriyah Puspita

Abstract


Sistem informasi mempunyai peranan penting di berbagai bidang, salah satunya di bilang pelayanan. Sistem informasi pada bidang pelayanan seperti sistem informasi resepsionis sudah digunakan di berbagai instansi bahkan di sekolah – sekolah negeri dan swasta dari SMP dan SMA/SMK. Sistem resepsionis pada SMK Negeri 8 Jakarta masih manual sehingga belum efektif dan efisien dalam pencatatan daftar tamu dan pembuatan laporan daftar. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi Sistem Informasi Resepsionis yang dapat mempermudah proses pendataan, penyimpanan serta pembuatan laporan hasil kegiatan resepsionis pada SMK Negeri 8 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah grounded research dan system development life cycle (SDLC). Penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem informasi resepsionis pada SMK Negeri 8 Jakarta berbasis Java dengan bahasa pemrograman Java, Netbeans 8.2, XAMPP, dan basis data MySQL. Kata Kunci : Sistem Informasi, Resepsionis, SMK, Java, MySQL

Full Text:

PDF

References


Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi.

Deepublish.

Indrajani. (2018). Database Design All in One -

Theory, Practice, and Case Study. In Buku

Database. PT Elex Media Komputindo.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi.

Edisi Keempat. Unit Penerbit dan Percetakan

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Maniah, & Hamidin. (2017). Analisis Informasi

Pembahasan Secara Praktis Dengan Contoh

Kasus. In Deepublish. Deepublish.

Mardi. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Ghalia

Indonesia.

Nugroho, A. (2015). Perancangan Sistem

Informasi Pengelolaan Aset Ukm (Unit

Kegiatan Mahasiswa) STMIK STIKOM Bali

Berbasis Client Server. In Konferensi

Nasional Sistem & Informatika. STMIK

STIKOM Bali.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang

Berhasil; Layanan dan Kegiatan Pendukung.

Rajawali Pers.

Rizky, S. (2011). Konsep Dasar Rekayasa

Perangkat Lunak. Prestasi Pustaka.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis.

Penerbit ANDI.

Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfaction.

Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: