PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS4 PROFESIONAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA
Abstract
Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Dalam proses komunikasi khususnya kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan adanya media dan alat bantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media dalam pembelajaran berperan sebagai alat untuk menyampaikan pesan informasi dari guru kepada siswa sehingga kegiatan pembelajaran menjadi interaktif. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran kimia SMA dengan menggunakan program Adobe Flash CS4 Profesional. Manfaat utama dari pengembangan multimedia ini adalah untuk bidang pendidikan sebagai media pembelajaran interaktif khususnya mata pelajaran kimia di SMA. Sebagai penelitian pengembangan, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Ada lima tahapan utama dalam penelitian ini, yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk terlebih dahulu divalidasi oleh tim ahli media dan ahli materi. Setelah divalidasi, multimedia ini diujicobakan dalam kelompok kecil. Hasil uji coba menunjukkan 80,7% layak digunakan, sehingga multimedia interaktif ini menjadi kategori layak dan baik untuk pembelajaran kimia di SMA.
Kata kunci : Multimedia interaktif, Adobe Flash CS4 Profesional, ADDIE
Full Text:
PDFReferences
Aulia, S. (2021). Efektivitas penggunaan
media e-Learning di masa pandemi
Covid-19 terhadap sikap berpikir
kreatif dan kritis siswa.
doi:10.31219/osf.io/sv9jk
Basri, M. (2021). Pembelajaran e-Learning Di
Masa Pandemi.
doi:10.31219/osf.io/rb4p3
Koesnandar, A. (2019). Pengembangan
software pembelajaran multimedia
interaktif. Jurnal Teknodik, 075-088.
doi:10.32550/teknodik.v0i0.548
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan
model pembelajaran. Retrieved
September 30, 2020 from
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/
pengabdian/dra-endangmulyatiningsih-
mpd/7cpengembanganmodel-
pembelajaran.pdf
Nurdin. (2021). Pendidikan dan pembelajaran
di masa pandemi Covid-19.
doi:10.31219/osf.io/bwsak
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018).
Peran media pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi belajar
siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen
Perkantoran (JPManper), 3(2), 173-
doi:10.17509/jpm.v3i2.11762
Putri, D. P. E. (2021). Pengembangan
multimedia pembelajaran interaktif
kimia berbasis android.
doi:10.31237/osf.io/5xkbn
Retnaningsih, R. (2020). E-Learning system
sebuah solusi pragmatis program
vokasional semasa pandemi COVID-
Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 21-26.
doi:10.30738/Jtv.V8i1.7751
Sari, R. K., & Sawila, I. (2019, July).
Penggunaan Software Adobe Flash CS6
dalam Perancangan Media
Pembelajaran Kimia untuk Siswa Kelas
X SMA. In Talenta Conference Series:
Science and Technology (ST) (Vol. 2,
No. 2). doi:10.32734/st.v2i2.543
Supriyadi, S. (2016). ADOBE Flash Untuk
Mendukung Pembelajaran. Jurnal
Komunikasi, 7(2).
Zakiyah, Z., Ibnu, S., & Subandi, S. (2018).
Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada
Materi Stoikiometri terhadap Hasil
Belajar Termokimia dan Upaya
Menguranginya dengan Metode
Pemecahan Masalah. EduChemia
(Jurnal Kimia dan Pendidikan), 3(1),
doi:10.30870/educhemia.v3il.1784
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



