PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS4 PROFESIONAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA

Jumasari Siregar

Abstract


Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Dalam proses komunikasi khususnya kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan adanya media dan alat bantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media dalam pembelajaran berperan sebagai alat untuk menyampaikan pesan informasi dari guru kepada siswa sehingga kegiatan pembelajaran menjadi interaktif. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran kimia SMA dengan menggunakan program Adobe Flash CS4 Profesional. Manfaat utama dari pengembangan multimedia ini adalah untuk bidang pendidikan sebagai media pembelajaran interaktif khususnya mata pelajaran kimia di SMA. Sebagai penelitian pengembangan, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Ada lima tahapan utama dalam penelitian ini, yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk terlebih dahulu divalidasi oleh tim ahli media dan ahli materi. Setelah divalidasi, multimedia ini diujicobakan dalam kelompok kecil. Hasil uji coba menunjukkan 80,7% layak digunakan, sehingga multimedia interaktif ini menjadi kategori layak dan baik untuk pembelajaran kimia di SMA.

Kata kunci : Multimedia interaktif, Adobe Flash CS4 Profesional, ADDIE


Full Text:

PDF

References


Aulia, S. (2021). Efektivitas penggunaan

media e-Learning di masa pandemi

Covid-19 terhadap sikap berpikir

kreatif dan kritis siswa.

doi:10.31219/osf.io/sv9jk

Basri, M. (2021). Pembelajaran e-Learning Di

Masa Pandemi.

doi:10.31219/osf.io/rb4p3

Koesnandar, A. (2019). Pengembangan

software pembelajaran multimedia

interaktif. Jurnal Teknodik, 075-088.

doi:10.32550/teknodik.v0i0.548

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan

model pembelajaran. Retrieved

September 30, 2020 from

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/

pengabdian/dra-endangmulyatiningsih-

mpd/7cpengembanganmodel-

pembelajaran.pdf

Nurdin. (2021). Pendidikan dan pembelajaran

di masa pandemi Covid-19.

doi:10.31219/osf.io/bwsak

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018).

Peran media pembelajaran dalam

meningkatkan prestasi belajar

siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen

Perkantoran (JPManper), 3(2), 173-

doi:10.17509/jpm.v3i2.11762

Putri, D. P. E. (2021). Pengembangan

multimedia pembelajaran interaktif

kimia berbasis android.

doi:10.31237/osf.io/5xkbn

Retnaningsih, R. (2020). E-Learning system

sebuah solusi pragmatis program

vokasional semasa pandemi COVID-

Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 21-26.

doi:10.30738/Jtv.V8i1.7751

Sari, R. K., & Sawila, I. (2019, July).

Penggunaan Software Adobe Flash CS6

dalam Perancangan Media

Pembelajaran Kimia untuk Siswa Kelas

X SMA. In Talenta Conference Series:

Science and Technology (ST) (Vol. 2,

No. 2). doi:10.32734/st.v2i2.543

Supriyadi, S. (2016). ADOBE Flash Untuk

Mendukung Pembelajaran. Jurnal

Komunikasi, 7(2).

Zakiyah, Z., Ibnu, S., & Subandi, S. (2018).

Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada

Materi Stoikiometri terhadap Hasil

Belajar Termokimia dan Upaya

Menguranginya dengan Metode

Pemecahan Masalah. EduChemia

(Jurnal Kimia dan Pendidikan), 3(1),

doi:10.30870/educhemia.v3il.1784




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: