PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI

Fibria Anggraini Puji Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan adakah pengaruh pembelajaran berbasis E-learning dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran berbasis e-learning dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sampel 100 mahasiswa Prodi Teknik Informatika mata kuliah Kewirausahaan. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi liniear berganda .Variabel yang digunakan adalah e-learning dan motivasi sebagai variabel independen dan prestasi belajar mahasiswa sebagai variabel dependen.Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh variabel e-learning ( 0,385), motivasi (0,800 ) terhadap prestasi mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Kewirausahaan.

Kata Kunci: E-Learning, Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


A.M.Sardiman. (1986). Interaksi dan

Motivasi Belajar dan Mengajar.

Grafinda Persada.

Budiana. (2015). Pemanfaatn Teknologi

Informasi dan Komunikasi dalam

Pembelajaran bagi para Guru SMP 2

Kawali Desa Citereup Kabupaten

Ciamis. Aplikasi Ipteks Untuk

Masyarakat, 62.

Firmansyah, A. . . H. S., & Arief. (2019).

Pengaruh Pemanfaatan E

Learning,Lingkungan Teman Sebaya

dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi

Belajar. Pendidikan Ilmu Pengetahuan

Sosial, 6(1).

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh

Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi

Belajar IPA di Sekolah Dasar. Penelitian

Pendidikan, 12(1), 90–96.

Makrifat. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar

terhadap prestasi siswa pada bidang

studi PAI di SMA –IT Wahdah Islamiyah

Makasar.Tesis. UIN Alaudin Makasar.

Maslow. Abraham H. (2010). Motivasi dan

Kepribadian, Teori Motivasi Dengan

Pendekatan Hierarki Kebutuhan

Manusia, Seri Manajemen.

Novalinda, E. dk. (2017). Pengaruh Motivasi

Belajar terhadap Hasil Belajar Mata

Pelajaran AkuntansiSiswa Kelas X

Jurusan Akuntansi Semester Ganjil

SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran

/2017. Ilmiah Pendidikan

Ekonomi., 11(2).

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran

(MengembangkanProfesionalisme

Guru).Septumuarsa.I.D, & P.S, S. (2014). Pengaruh

Penggunaan E- Learning terhadap

Motivasi dan Prestasi Belajar

Matematika Siswa SD Negeri Tahunan

Yogyakarta.

Soleha, M. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar

terhadap Hasil Belajar Matematika .

Pendidikan MIPA, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: