PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan adakah pengaruh pembelajaran berbasis E-learning dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran berbasis e-learning dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sampel 100 mahasiswa Prodi Teknik Informatika mata kuliah Kewirausahaan. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi liniear berganda .Variabel yang digunakan adalah e-learning dan motivasi sebagai variabel independen dan prestasi belajar mahasiswa sebagai variabel dependen.Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh variabel e-learning ( 0,385), motivasi (0,800 ) terhadap prestasi mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Kewirausahaan.
Kata Kunci: E-Learning, Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
A.M.Sardiman. (1986). Interaksi dan
Motivasi Belajar dan Mengajar.
Grafinda Persada.
Budiana. (2015). Pemanfaatn Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam
Pembelajaran bagi para Guru SMP 2
Kawali Desa Citereup Kabupaten
Ciamis. Aplikasi Ipteks Untuk
Masyarakat, 62.
Firmansyah, A. . . H. S., & Arief. (2019).
Pengaruh Pemanfaatan E
Learning,Lingkungan Teman Sebaya
dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi
Belajar. Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial, 6(1).
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh
Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi
Belajar IPA di Sekolah Dasar. Penelitian
Pendidikan, 12(1), 90–96.
Makrifat. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar
terhadap prestasi siswa pada bidang
studi PAI di SMA –IT Wahdah Islamiyah
Makasar.Tesis. UIN Alaudin Makasar.
Maslow. Abraham H. (2010). Motivasi dan
Kepribadian, Teori Motivasi Dengan
Pendekatan Hierarki Kebutuhan
Manusia, Seri Manajemen.
Novalinda, E. dk. (2017). Pengaruh Motivasi
Belajar terhadap Hasil Belajar Mata
Pelajaran AkuntansiSiswa Kelas X
Jurusan Akuntansi Semester Ganjil
SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran
/2017. Ilmiah Pendidikan
Ekonomi., 11(2).
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran
(MengembangkanProfesionalisme
Guru).Septumuarsa.I.D, & P.S, S. (2014). Pengaruh
Penggunaan E- Learning terhadap
Motivasi dan Prestasi Belajar
Matematika Siswa SD Negeri Tahunan
Yogyakarta.
Soleha, M. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar
terhadap Hasil Belajar Matematika .
Pendidikan MIPA, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



