PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLDV TERHADAP KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP

Ade Lukman Nulhakim, Arif Susanto, Ahmad Husain

Abstract


Masih banyak nya peserta didik mengalami kesulitan membuat pemodelan matematika dan memahami konsep pemodelan di tingkat SMP membuat perlunya dikembangkan model pembelajaran yang dapat membantu dan membuat peserta didik memahami pola dan konsep untuk menyusun dan menyelesaiakannya. Materi PLDV merupakan salah satu materi dalam pembelajaran matematika yang menerapkan konsep pemodelan agar lebih mudah bagi peserta didik dalam menyelesaikan solusi nya. Materi PLDV dianggap sulit oleh peserta didik karena selain perlu menggabarkan permasalahannya ke dalam model matematika dengan menggunakan penyelesaian persamaan mereka juga perlu membuat pola penyelesaian dengan berbagai cara. Banyaknya peserta didik kesulitan bahkan salah dalam menggunakan aturan seperti pada konsep eliminasi dan substitusi. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, maka dikembangkan media pembelajaran untuk membantu pemahaman matematika peserta didik. Penelitian pengembangan media pembelajaran PLDV ini berlangsung di salah satu SMP Swasta di Jakarta. Metode dalam penelitian ini mengusung metode R&D. Dari penelitian diketahui bahwa : (1) ahli pendidikan memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 72,86 % (2) ahli multimedia memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 72% (3) ahli matematika memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 75% (4) uji skala terbatas yang dilakukan memperoleh hasil akhir sebesar 81 % berada pada kategori sangat baik.

Kata Kunci: Media Interaktif, PLDV, Pemodelan Matematik


Full Text:

PDF

References


Abdullah, & Suratno, J. (2015). Terhadap

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2),

–115.

Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran

Berbasis Proyek pada Mata Kuliah

Media Pembelajaran. 3(1), 1–9.

Amelia, S. (2015). Pengaruh Accelerated

Learning Cycle Terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis Siswa

SMP. Jurnal Pengajaran Matematika

Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 122.

https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.5

Anshory, I., Yayuk, E., & Dyah, W. E. (n.d.).

Tahapan dan Karakteristik

Perkembangan Belajar Siswa Sekolah

Dasar (Upaya Pemaknaan Development

Task). Retrieved November 20, 2021,

from https://eprints.umm.ac.id/42236/

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.

Rajawali Prees.

https://ebook.sultrakini.com/ms/azhararsyad-

-media-pembelajaranpdf.

pdf

Nulhakim, A. L., Susanto, A., Nugraha, M. L.,

& Nengsih, R. (2019). Trik

Menggunakan Adobe Flash Dalam

Media Pembelajaran Interaktif (Ghofar

El Ghifari (ed.)). El Nisa Media Utama.

Pardjono. (2000). Konsepsi Guru Tentang

Belajar dan Mengajar dalam Persfektif

Belajar Aktif. Jurnal Psikologi, 23(2),

–83.

Riduwan, D. (2010). Pengantar Statistika

untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,

Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis.

Alfabeta.

Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim. (2013).

Pengembangan media pembelajaran

matematika pokok bahasan segitiga

menggunakan. Sentra Penelitian

Engineering Dan Edukasi, 5 No 2(2),

–35.

Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2018).

Desain Aplikasi Media Pembelajaran

untuk Membantu Pemahaman Siswa

Tentang Konsep Geometri. 3(1), 18–26.

Syamsiah. (2017). Pengembangan Aplikasi

Multimedia Pembelajaran Interaktif

untuk Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia. 2(1), 53–63.

Zuhdan K. Prasetyo. (2012). Research and

Development Pengembangan Berbasis

Penelitian. Universitas Negeri Sebelas

Maret.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/p

engabdian/zuhdan-kun-prasetyo-meddr-

prof/research-and-developmentpengembangan-

berbasis-penelitian.pdf




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: