PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLDV TERHADAP KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP
Abstract
Masih banyak nya peserta didik mengalami kesulitan membuat pemodelan matematika dan memahami konsep pemodelan di tingkat SMP membuat perlunya dikembangkan model pembelajaran yang dapat membantu dan membuat peserta didik memahami pola dan konsep untuk menyusun dan menyelesaiakannya. Materi PLDV merupakan salah satu materi dalam pembelajaran matematika yang menerapkan konsep pemodelan agar lebih mudah bagi peserta didik dalam menyelesaikan solusi nya. Materi PLDV dianggap sulit oleh peserta didik karena selain perlu menggabarkan permasalahannya ke dalam model matematika dengan menggunakan penyelesaian persamaan mereka juga perlu membuat pola penyelesaian dengan berbagai cara. Banyaknya peserta didik kesulitan bahkan salah dalam menggunakan aturan seperti pada konsep eliminasi dan substitusi. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, maka dikembangkan media pembelajaran untuk membantu pemahaman matematika peserta didik. Penelitian pengembangan media pembelajaran PLDV ini berlangsung di salah satu SMP Swasta di Jakarta. Metode dalam penelitian ini mengusung metode R&D. Dari penelitian diketahui bahwa : (1) ahli pendidikan memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 72,86 % (2) ahli multimedia memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 72% (3) ahli matematika memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 75% (4) uji skala terbatas yang dilakukan memperoleh hasil akhir sebesar 81 % berada pada kategori sangat baik.
Kata Kunci: Media Interaktif, PLDV, Pemodelan Matematik
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, & Suratno, J. (2015). Terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2),
–115.
Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran
Berbasis Proyek pada Mata Kuliah
Media Pembelajaran. 3(1), 1–9.
Amelia, S. (2015). Pengaruh Accelerated
Learning Cycle Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa
SMP. Jurnal Pengajaran Matematika
Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 122.
https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.5
Anshory, I., Yayuk, E., & Dyah, W. E. (n.d.).
Tahapan dan Karakteristik
Perkembangan Belajar Siswa Sekolah
Dasar (Upaya Pemaknaan Development
Task). Retrieved November 20, 2021,
from https://eprints.umm.ac.id/42236/
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Rajawali Prees.
https://ebook.sultrakini.com/ms/azhararsyad-
-media-pembelajaranpdf.
Nulhakim, A. L., Susanto, A., Nugraha, M. L.,
& Nengsih, R. (2019). Trik
Menggunakan Adobe Flash Dalam
Media Pembelajaran Interaktif (Ghofar
El Ghifari (ed.)). El Nisa Media Utama.
Pardjono. (2000). Konsepsi Guru Tentang
Belajar dan Mengajar dalam Persfektif
Belajar Aktif. Jurnal Psikologi, 23(2),
–83.
Riduwan, D. (2010). Pengantar Statistika
untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,
Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis.
Alfabeta.
Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim. (2013).
Pengembangan media pembelajaran
matematika pokok bahasan segitiga
menggunakan. Sentra Penelitian
Engineering Dan Edukasi, 5 No 2(2),
–35.
Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2018).
Desain Aplikasi Media Pembelajaran
untuk Membantu Pemahaman Siswa
Tentang Konsep Geometri. 3(1), 18–26.
Syamsiah. (2017). Pengembangan Aplikasi
Multimedia Pembelajaran Interaktif
untuk Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia. 2(1), 53–63.
Zuhdan K. Prasetyo. (2012). Research and
Development Pengembangan Berbasis
Penelitian. Universitas Negeri Sebelas
Maret.
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/p
engabdian/zuhdan-kun-prasetyo-meddr-
prof/research-and-developmentpengembangan-
berbasis-penelitian.pdf
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



