PENGEMBANGAN E-MODUL KALFIS MATLAB GERAK VERTIKAL MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE EDITION
Abstract
Materi gerak vertikal yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran masih dalam bentuk Ppt dan video tutorial di Youtube. Agar dapat menarik kegiatan pembelajaran, maka diperlukan media pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik. Sehingga pada penelitian ini, peneliti membuat media pembelajaran e-modul menggunakan flip pdf pada materi gerak vertikal yang berisi materi dan panduan membuat kalfis gerak vertikal menggunakan Matlab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Metode penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk, serta menguji bagaimana keefektifan suatu produk. Dari hasil uji validasi ahli media dan ahli materi yang menyatakan bahwa e-modul kalfis matlab gerak vertikal menggunakan flip pdf Corporate Edition, layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil kepada mahasiswa untuk mengetahui kepraktisan e-modul, dan diperoleh hasil bahwa e-modul yang telah dibuat masuk dalam kriteria sangat praktis digunakan dalam pembelajaran membuat kalfis matlab gerak vertikal.
Kata Kunci: e-modul, flip pdf, gerak vertikal
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, R., Corebima, A. D., & Rohman,
F. (2016). Analisis Kebutuhan
Pengembangan Bahan Ajar Perubahan
Materi Genetik pada Matakuliah
Genetika di Universitas Negeri Malang.
Seminar Nasional Pendidikan Dan
Saintek 2016, 1.
Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat
pendidikan, belajar dan pembelajaran.
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila,
(2), 81–97.
https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.ph
p/JPB/article/view/5160
Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021).
Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika
sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA
Muslimat NU. Silampari Jurnal
Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70–80.
https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1240
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020).
Pengembangan E-modul Menggunakan
Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih
Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fisika, 4(2), 89.
https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056
Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis
Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict.
Jurnal Petik, 3(1), 28.
https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355
Rindaryati, N. (2021). E-Modul Counter
Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran
Penerapan Rangkaian Elektronika.
Jurnal Imiah Pendidikan Dan
Pembelajaran, 5(2), 192.
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.3124
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F.
(2021). Analisis Penggunaan E-Modul
Dalam Pembelajaran Fisika; Studi
Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah
Pendidikan Fisika, 2(2), 38.
https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.
Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan EModul
Berbasis Web Untuk
Meningkatkan Pencapaian Kompetensi
Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Semnas Ristek indexed by: