PENGEMBANGAN E-MODUL KALFIS MATLAB GERAK VERTIKAL MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE EDITION

Ria Asep Sumarni, Nurfidah Dwitiyanti

Abstract


Materi gerak vertikal yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran masih dalam bentuk Ppt dan video tutorial di Youtube. Agar dapat menarik kegiatan pembelajaran, maka diperlukan media pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik. Sehingga pada penelitian ini, peneliti membuat media pembelajaran e-modul menggunakan flip pdf pada materi gerak vertikal yang berisi materi dan panduan membuat kalfis gerak vertikal menggunakan Matlab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Metode penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk, serta menguji bagaimana keefektifan suatu produk. Dari hasil uji validasi ahli media dan ahli materi yang menyatakan bahwa e-modul kalfis matlab gerak vertikal menggunakan flip pdf Corporate Edition, layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil kepada mahasiswa untuk mengetahui kepraktisan e-modul, dan diperoleh hasil bahwa e-modul yang telah dibuat masuk dalam kriteria sangat praktis digunakan dalam pembelajaran membuat kalfis matlab gerak vertikal.

Kata Kunci: e-modul, flip pdf, gerak vertikal


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, R., Corebima, A. D., & Rohman,

F. (2016). Analisis Kebutuhan

Pengembangan Bahan Ajar Perubahan

Materi Genetik pada Matakuliah

Genetika di Universitas Negeri Malang.

Seminar Nasional Pendidikan Dan

Saintek 2016, 1.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat

pendidikan, belajar dan pembelajaran.

Pelita Bangsa Pelestari Pancasila,

(2), 81–97.

https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.ph

p/JPB/article/view/5160

Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021).

Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika

sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA

Muslimat NU. Silampari Jurnal

Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70–80.

https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1240

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020).

Pengembangan E-modul Menggunakan

Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih

Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Fisika, 4(2), 89.

https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis

Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict.

Jurnal Petik, 3(1), 28.

https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355

Rindaryati, N. (2021). E-Modul Counter

Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran

Penerapan Rangkaian Elektronika.

Jurnal Imiah Pendidikan Dan

Pembelajaran, 5(2), 192.

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.3124

Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F.

(2021). Analisis Penggunaan E-Modul

Dalam Pembelajaran Fisika; Studi

Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah

Pendidikan Fisika, 2(2), 38.

https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.

Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan EModul

Berbasis Web Untuk

Meningkatkan Pencapaian Kompetensi

Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: