ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK

M. Ardiansyah M. Ardiansyah, Mohamad Lutfi Nugraha

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan yang berlokasi di SMP Tanjung Jakarta Barat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 2 orang pendidik matematika dan 10 siswa SMP Tanjung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengajaran matematika menggunakan media youtube sangat bermanfaat dan menarik karena fasilitas youtube banyak dan bervariasi serta dapat dipilih sesuai dengan keinginan pengguna. Bahan ajar matematika juga tersedia dan dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja. dapat digunakan untuk pengajaran matematika online. Youtube dapat merangsang ide-ide pendidik dan meningkatkan kreativitas dan aktivitas pendidik dalam proses belajar mengajar online. Dengan menggunakan YouTube, pembelajaran menjadi lebih menarik dan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa untuk pembelajaran matematika. Pendidik juga diharapkan dapat menyampaikan kepada siswa bahwa dampak negatif dari youtube adalah agar siswa tidak terpengaruh oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Kata Kunci: Matematika, Pemahaman Konsep, Youtube


Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. R. (2018). Pemanfaatan

Youtube Sebagai Media Pembelajaran

Dalam Meningkatkan Kreatifitas Guru

Bahasa Inggris Mts Al-Insan.

Universitas Muhammadiyah

Tanggerang.

Arofah, K. (2015). Youtube Sebagai Media

Klarifikasi dan Pernyataan Tokoh

Politik. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Chandra, E. (2018). Youtube, Citra Media

Informasi Interaktif Atau Media

Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal

Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan

Seni.

https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1

i2.1035

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A.,

Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis

Pembelajaran Online Masa WFH

Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan

Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis

Ilmiah (KTI) Masa Work From Home

(WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung

Djati Bandung Tahun 2020.

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran

Modern Dan Konvensional Pada

Sekolah Menengah Atas.

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu

Pendidikan, Keguruan, Dan

Pembelajaran.

https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i

5442

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D.

(2013). Pengaruh Pembelajaran Problem

Posing Terhadap Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang.

Jurnal Pendidikan Matematika.

https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312.

Iwantara, I., Sadia, M., & Suma, M. (2014).

Pengaruh Penggunaan Media Video

Youtube Dalam Pembelajaran Ipa

Terhadap Motivasi Belajar Dan

Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran IPA

Indonesia.

M. Yusuf Efendi. (2014). Pengaruh

Perkembangan Teknologi Informasi. In

januari 2014.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Janitra,

P. A. (2018). Potensi Youtube Sebagai

Media Edukasi Bagi Anak Muda.

Edulib.

https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.11

Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan youtube

di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu

Komunikasi FLOW.

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang

Mempengaruhi Minat Belajar Peserta

Didik. Elementary School Journal Pgsd

Fip Unimed.

Snelson, C. (2011). YouTube across the

Disciplines : A Review of the Literature.

Journal of Online Learning and

Teaching.

Sri Wuryastuti. (2018). Inovasi Pembelajaran

IPA di Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Dasar.

Wirga, E. W. (2016). Analisis Konten Pada

Media Sosial Youtube untuk

Mendukung Strategi Kampanye Politik.

Jurnal Ilmiah Informatika Dan

Komputer.

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases.

Corona Virus Diseases




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: