PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PEMILIHAN SMARTPHONE ANDROID TERBAIK

Ika Mei Lina, Gilang Ryan Fernandes

Abstract


Banyak perusahaan berlomba – lomba menciptakan produk smartphone dengan berbagai jenis, harga, dan fiturfitur menarik didalamnya. Banyaknya pilihan yang ditawarkan membuat konsumen kesulitan dalam mencari smartphone yang sesuai dengan keinginan, sehingga konsumen harus bersusah payah melakukan survei apabila ingin membeli smartphone. Penulis bertujuan membuat sistem pemilihan smartphone terbaik sebagai solusi untuk memudahkan konsumen sebelum membeli smartphone. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Additive Weighting (SAW), yaitu sebuah metode penjumlahan terbobot dengan mencari rating tiap alternatif yang ada melalui perhitungan berdasarkan bobot kriteria tertentu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menempatkan alternatif A8 sebagai nilai tertinggi dengan hasil nilai 0.982428, yang berarti alternatif A8 sebagai smartphone terbaik dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Simple Additive Weighting (SAW), Smartphone, Sistem Pengambilan Keputusan, Android, Java


Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2012). Research Design

Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

Mixed. Pustaka Pelajar.

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., &

Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan

Smartphone Dalam Menunjang

Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa

Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna,

VI(1), 1–15.

Dimas, A., Sadewo, B., Widasari, E. R.,

Muttaqin, A., Informatika, P. S.,

Komputer, F. I., & Brawijaya, U. (2017).

Perancangan Pengendali Rumah

menggunakan Smartphone Android

dengan Konektivitas Bluetooth. 1(5),

–425.

Eniyati, S. (2011). Perancangan Sistem

Pendukung Pengambilan Keputusan

untuk Penerimaan Beasiswa dengan

Metode SAW ( Simple Additive

Weighting ). Jurnal Teknologi Informasi

DINAMIK, 16(2), 171–177.

Munthe, & Ginting, H. (2013). Sistem

Pendukung Keputusan Penentuan

Prioritas Usulan Sertifikasi Guru

Dengan Metode Simple Additive

Weighting. Pelita Informatika Budi

Darma, IV(2), 52–58.

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini,

E. W. (2016). Game Edukasi Berbasis

Android Sebagai Media Pembelajaran

Untuk Anak Usia Dini. 1(1), 46–58.

Sonata, F. (2016). Implementasi Metode

Simple Additive Weighting ( SAW )

Dengan Proses Fuzzifikasi Dalam

Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal

Teknologi Informasi Dan Komunikasi,

(2), 71–80.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

AlfaBeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: