DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID BERBANTU SMART APPS CREATOR (SAC) PADA PELAJARAN BERMUSIK

Dwi Dani Apriyani, Vickry Ramdhan

Abstract


Kegiatan belajar mengajar tak luput dari perkembangan teknologi. Dalam kondisi pembelajaran daring, diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat membantu menyampaikan informasi dari guru kepada siswa. desain pembelajaran berbasis android dapat membantu siswa memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Aplikasi yang dibuat menggunakan Smart Apps Creator dapat dioperasikan oleh guru untuk menjadikan proses belajar semakin interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa aplikasi yang dapat digunakan sebagai media belajar oleh siswa. Sehingga dapat memiliki kegunaan membantu guru dalam penyampaian materi bermusik. Metode penelitian pada penelitian ini ialah research and development. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa respon ahli terhadap desain pembelajaran berbasis android berbantu smart Apps Creator pada Pelajaran bermusik mendapatkan kategori sangat baik. Dan selanjutnya dilakukan uji respon siswa yang mendapatkan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran berbasis android berbantuan Smart Apps Creator sudah layak digunakan sebagai bahan ajar oleh siswa.

Kata Kunci: Desain Pembelajaran, Android, Smart Apps Creator.


Full Text:

PDF

References


Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020).

Pemanfaatan Platform Digital di Masa

Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar

Nasional Pascasarjana, 298–303.

Retrieved from

https://proceeding.unnes.ac.id/index.ph

p/snpasca/article/download/601/519

Handaini, M., & Zulfah, Z. (2021). Penerapan

e-Learning melalui Media Schoology

untuk Meningkatkan Motiasi Belajar

Siswa SMP Negeri 3 Tapung. Mathema:

Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 16.

https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.993

Khasanah, K., Muhlas, M., & Marwani, L.

(2020). Development of E-Learning

Smart Apps Creator (Sac) Learning

Media for Selling Employees on Paid

Tv. Akademika, 9(02), 129–143.

https://doi.org/10.34005/akademika.v9i

819

Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa

terhadap Pembelajaran Daring di

Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi

Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting.

Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1),

–195.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.2

Ridwan. (2020). Belajar Melalui Musik

Dengan Menerapkan Metode Orff. 4(1),

–122.

https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Rikonurrohim, M. (2017). Pengaruh Media

Audio Visual Pada Pembelajaran Musik

Ensambel Kelas Viii Di Smp Negeri 5

Pariaman. E-Jurnal Sendratasik, 6(1),

–61. Retrieved from

https://drive.google.com/file/d/140MvX

XgerKfN0d3WKKqBcjbxV7UeKPHr/v

iew

Sutejo, & Yogi Ersan Fadrial. (2021).

Pelatihan Pembuatan Media

Pembelajaran Menggunakan Aplikasi

Smart Apps Creator Di Smk Negeri 2

Pinggir. J-COSCIS : Journal of

Computer Science Community Service,

(2), 45–52.

https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i2.72

Syahputra, F. K., & Prismana, I. G. L. P. E.

(n.d.). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Android 3D Kelas Xi Di Smkn 1

Driyorejo Gresik. 5(2), 763–768.

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., &

Syachruroji, A. (2020). Pengembangan

Media Pembelajaran Mobile Learning

Berbasis Android Pada Konsep Sistem

Peredaran Darah di Sekolah dasar.

Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.

Yuberti, Wardhani, D. K., & Latifah, S.

(2021). Pengembangan Mobile Learning

Berbasis Smart Apps Creator Sebagai

Media Pembelajaran Fisika. Physics and

Science Education Journal (PSEJ), 1(2),

–95.

Yulistyanti, D., Farkhatin, N., & Mustari, D.

(2021). Penggunaan Aplikasi Sebagai

Media E-Learning Remaja Di Karang

Taruna. Journal of Empowerment, 2(1),

https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1265




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: