DIGITAL MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN

Febri Rismaningsih, Ria Asep Sumarni, Fita Widiyatun

Abstract


Fisika merupakan ilmu yang tidak hanya belajar tentang teori, tetapi juga tentang perhitungan. Besaran dan satuan merupakan materi awal yang dipelajari dalam fisika. Peneliti melihat media yang digunakan dosen dalam kegiatan pembelajaran fisika masih banyak menggunakan Ppt, teks book, dan video Youtube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat flip pdf modul untuk materi besaran dan satuan pada ilmu fisika. Manfaat dari penelitian ini adalah diperoleh digital modul berupa flip pdf modul untuk materi besaran dan satuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan sepuluh tahap pengembangan untuk menghasilkan produk akhir yang siap untuk diterapkan. Pada penelitian ini sampai tahap uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi digital modul ini, masuk dalam kriteria sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran berbasis digital yang sesuai dengan materi besaran dan satuan.

Full Text:

PDF

References


Anita, U., Walidain, S. N., & Ratu, T. (2018). Pengembangan Majalah Fisika Pada Materi Besaran dan Satuan. Quark : Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Tenologi, 1(1), 41–45.

Hanikah, Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(4), 7352–7359.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 49–54.

Hidayatulloh, M., Wiryokusumo, I., & Walujo, D. A. (2019). Remidiasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan Ebook Interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1).

Ikhsan, F., & Kholiq, A. (2019). Validitas Perangkat Pembeljaran Fisika Terintegrasi Dengan Ebook High Order Thinking Skills Pada Materi Impuls dan Momentum. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2), 881–885.

Nasution, S. W. R. (2019). Pengaruh Penguasaan Pengukuran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Satuan. 7(4), 175–179.

Sijabat, A., Sianipar, H. F., & Siahaan, T. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Uhkbpnp Pada Matakuliah Fisika Umum. The 2st National Conference on Education, Social Science, and HUmaniora “Potensi Penelitian Dan Pengabdian Di Era New Normal,” 84–88.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1275

U.S., S., Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2012). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR. Jurnal Formatif, 2(1), 71–81.

Widiyatun, F., Sumarni, R. A., & Kumala, S. A. (2020). Pengembangan dan Validasi Kartu Domino Besan (Besaran dan Satuan). Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 58–64.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: