PERANCANGAN BASIS DATA HELPDESK SYSTEM PT XYZ MENGGUNAKAN MICROSOFT SQL SERVER 2019

Sutan Mohammad Arif, Hendro Purwoko

Abstract


Helpdesk merupakan sistem yang bermanfaat memberikan pelayanan seperti: keluhan, informasi atau kendala teknis yang seluruh datanya dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan pelayanan pada pelanggan dan atau karyawan internal. Data Helpdesk disimpan kedalam basis data berfungsi sebagai media penyimpanan dengan basis data Microsoft SQL Server 2019 menggunakan aplikasi SQL Server Management Studio (SSMS) Pengembangan basis data menggunakan Database Life Cycle yang memiliki lima tahapan: Requirements analysis, Logical design, Physical design, Implementation, Monitoring, modification, and maintenance. Tujuannya agar tahap pendefinisian basis data hingga tahap administasi dengan SQL Server 2019 konsisten dan efisien sehingga dapat dengan mudah diakses oleh berbagai platform seperti: Web, Desktop, Rest API dan lainnya.

Full Text:

PDF

References


Aulia, D., & Suharto, A. (2019, 10). Aplikasi Helpdesk Ticketing System Dengan Metode Personal Extreme Programming (Studi Kasus: Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik provinsi DKI Jakarta). Jurnal E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, 11-20.

Database Life Cycle. (2022, 08). Retrieved from RelationalDBDesign: https://www.relationaldbdesign.com/database-analysis/module2/database-life-cycle.php

Excel Septianus. (2022, 07). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Pelanggan Berbasis Web Dengan Metode Personal Extreme Programming (Studi Kasus : Anisla Laundry). Jurnal E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, 17(2), 27-33.

Gorman, K., Hirt, A., Noderer, D., Rowland-Jones, J., Sirpal, A., Ryan, D., & Woody, B. (2019). Introducing Microsoft SQL Server 2019. Birmingham, UK: Packt Publishing Ltd.

Purwanto, A., Yasin, V., & Haroen, R. (2021, 10). Perancangan Aplikasi Teknologi Informasi Helpdesk Berbasis Web Pada Instalasi Rekam Medik Dan Admisi RSCM Jakarta. Jurnal Widya, 2(2), 129-145.

Purwoko, H. (2018, 07). Pemanfaatan Basis Data Oracle Pada Sistem Informasi Work Order Pada PT XYZ Di Jakarta Timur. Journal of Computer Engineering System and Science, 3(2), 117-121.

Purwoko, H., & Sulaiman, H. (2021, 01). Penerapan Basis Data Relasional Pada Divisi Layanan Pelanggan PT ABC. Seminar Nasional Riset dan Teknologi, 56-60.

Puspitasari, D., Watequlis, Y., & Asmara, R. A. (2017, 12). Penggunaan Tansact SQL (T-SQL) Pada Pengembangan Aplikasi Manajemen Basis Data Berbasis Web. Jurnal Simantec, 6(2), 55-62.

Subekti, Z. M., Prabowo, K. M., & Budi. (2022, 04). Sistem Tiket Helpdesk Pada STMIK Bani Saleh. Jurnal informasi dan Komputer, 10(1), 138-144.

Sugiarto, & Triandini, E. (2022, 06). Pengembangan Database E-commerce De Janggelan Menggunakan Metode Database Life Cycle. Jurnal Sistem Dan Informatika, 16(2), 122-132.

Tarigan, R., Kusosi, I., & Usri, A. (2022, 01). Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Pada PT. Indonesia Nippon Seiki. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, 11(1), 9-18.

W3Schools. (2022, 08 07). SQL CREATE TABLE Statement. Retrieved from W3 Schools: https://www.w3schools.com/sql/sql_create_table.asp

Wonohardjo, E. P., Putra, A. H., & Yossy, E. H. (2022, 03). Design of Web-Based Helpdesk Ticketing System at PT DENSO Indonesia. Penelitian Ilmu Komputer, Sistem Embedded and Logic, 10(1), 1-18.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: