PERANCANGAN APLIKASI SOSIAL BUDAYA PROVINSI SULAWESI SELATAN BERBASIS ANDROID

Syifa Nadiah, Intan Mutia, Michael Sonny

Abstract


Sulawesi Selatan dengan segala kearifan lokal yang dimiliki dan sumber daya manusianya menjadikannya sebagai salah satu provinsi yang patut untuk dipertimbangkan di kancah Nasional. Tetapi tidak banyak masyarakat yang mengenal dan memiliki pengetahuan kebudayaan pada Sulawesi Selatan dikarenakan kurangnya media informasi dan sedikitnya situs yang memberikan informasi secara interaktif yang memudahkan mereka mempelajari dan mengenal lebih kebudayaan Sulawesi Selatan. Untuk itu diperlukan adanya sebuah aplikasi berbasis mobile phone yang bisa diakses secara gratis dimana saja dan kapan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi kebudayaan untuk mempermudah pengguna dalam mempelajari kebudayaan Sulawesi Selatan sekaligus menambah wawasan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yaitu berdasarkan deskripsi keadaan yang akan diamati di lapangan dengan cara pengamatan langsung, wawancara, studi Pustaka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Simpulan penelitian bahwa informasi yang disampaikan aplikasi Android lebih menarik, valid dan dapat dipercaya untuk menambah wawasan.

Full Text:

PDF

References


Darodjat, A. T. (2013). Pentingnya Budaya Kerja Tinggi dan Kuat Absolute. PT. Refika Aditama. https://inlis.kemenpppa.go.id/opac/detail-opac?id=2595

Hendra, D. A. W. D. (2015). Aplikasi Objek Wisata Berbasis Smartphone Android. Jurnal Teknik, 4(2). https://doi.org/10.31000/jt.v4i2.379

Marzali, A. (2014). Memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia.

Pressman, R. S. (2015). Software engineering : a practitioner’s approach. McGraw-Hill. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20419072&lokasi=lokal

Raharjo, B. (2019). Pemrograman Android dengan Flutter. Informatika. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/150270/pemrograman-android-dengan-flutter.html

Safaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. https://onesearch.id/Record/IOS3395.slims-667/TOC

Sugiarti, Y. (2018). Dasar-dasar pemrograman java netbeans : database, UML, dan interface. PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133318

Sukamto, R. A. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak.

Suryono, S. H. (2019). Falling in Love with Flutter. https://play.google.com/store/books/details/Falling_In_Love_with_Flutter_Panduan_Lengkap_membu?id=ym_tDwAAQBAJ&hl=en_US&gl=US

Umanailo, C. B. (2016). Ilmu sosial budaya dasar.https://www.academia.edu/37292090/Ilmu_sosial_budaya_dasar




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: