APLIKASI STOCK OPNAME MENGGUNAKAN BARCODE PADA PT PERKASA TEHNIK BERBASIS ANDROID

Karinsa Sandi Yoga, Mercy Hermawati, Nurfidah Dwitiyanti

Abstract


Di dalam dunia usaha sudah tidak asing lagi dengan kata persaingan bisnis, oleh karena itu kecepatan dan ketepatan dalam bertindak adalah hal yang utama. Prosedur suatu kegiatan yang baik dalam perusahaan sangat diperlukan untuk menunjang dan memperlancar kinerja aktivitas perusahaan. Ada beberapa macam prosedur yang terjadi di suatu perusahaan yaitu prosedur penjualan, pembelian, dan perhitungan fisik persediaan. Salah satu dari prosedur yang ada dalam PT Perkasa Tehnik adalah prosedur Stock Opname. Tujuan penelitian adalah untuk merancang aplikasi Stock Opname dengan menggunakan Barcode untuk membuat kegiatan Stock Opname dan pendataan stok di PT Perkasa Tehnik menjadi efektif dan efisien, juga untuk mengimplementasikan aplikasi Stock Opname dengan menggunakan Barcode di PT Perkasa Tehnik yang telah dirancang yang akan membantu pihak PT Perkasa Tehnik dalam meningkatkan kinerjanya. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode waterfall dan menggunakan alat bantu perancangan Diagram Alir Data dan alat bantu perancangan basis data Entity Relationship Diagram, menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan database SQLite yang menghasilkan aplikasi Stock Opname dengan menggunakan Barcode. Hasil penelitian ini berupa suatu aplikasi Stock Opname berbasis android yang membantu dalam melakukan proses stock opname dan mengontrol stock di PT. Perkasa Tehnik.

Full Text:

PDF

References


Atha Bahtiar, R. D. A. A., & Julianto. (2016). Pengembangan Media Video Interaktif Berorientasi Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Materi Hubungan Ekosistem Dengan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 5 SD. JPGSD, 10(06), 1236–1247.

Jamal, A., & Yulianto, L. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Aplikasi Kasir Menggunakan Barcode Reader Pada Toko Dan Jasa Widodo Computer Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Jurnal Speed –Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 5(3), 45–54.

Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-Gps ) Dengan Platform Android Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ). Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika ( KOMPUTA ), 1(1).

Kusuma, A. P., Widodo, T., & Kunci, K. (2016). Siswa Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql di SMA. Jurnal Antivirus, 10(1), 11–20. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/antivirus/article/download/83/80/

Labatjo, R. H., Lumenta, A. S. M., & Sugiarso, B. A. (2015). Rancang Bangun Sistem Pengolahan Data Barang Berbasis Web Pada TokoFitber. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 4(6), 16–24. https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/544

Pujiwidodo, D. (2016). Persepsi Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Undang-Undang juga dengan pandangan , gambaran atau. Jurnal Online Insan Akuntan, 1(1), 92–116.

Pramana, H. (2012). Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Satjinger, Jackson, dan Burd. (2012). Perancangan Sistem. Diakses dari https://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/417

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukamto, R., A dan Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Penerbit Informatika.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: