AUGMENTED REALITY RUMAH SAKIT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE

Joko Triloka, Agustinus Eko Setiawan, Tahta Herdian Andika, Irsan Aras

Abstract


Implementasi Augmented Reality dalam memvisualisasikan ruangan dirumah sakit merupakan sebuah inovasi baru untuk mendukung kegiatan dirumah sakit dengan cara yang lebih efektif dan efisien. AR menawarkan visualisasi tiga dimensi suatu objek yang ditumpangkan pada lingkungan nyata yang disediakan oleh seperangkat teknologi untuk menciptakan realitas campuran secara real time antara elemen nyata dan virtual. Penggunaanya melalui media Android lebih mempermudah masyarakat umum dalam mengakses dan memperoleh informasi seputar ruangan di rumah sakit yang disajikan dalam bentuk virtual dengan mengikuti panduan penggunaan yang ada pada aplikasi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis android menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat beroperasi dengan baik pada perangkat smartphone berbasis Android dengan menampilkan informasi dan objek 3D tentang ruangan Rumah Sakit.

Full Text:

PDF

References


Ardhy, F., Adam, G., Setiawan, A. E., & Aisyah, A. (2022). Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Informasi Dan Komputer, 10(1), 208–213. https://doi.org/10.35959/jik.v10i1.309

Iwan Binanto. (2010). Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. https://books.google.co.id/books?id=UqWLna0oaUYC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Kemenkes RI. (2010). Klasifikasi Rumah Sakit. 116.

Kemenkes RI. (2016). Permenkes No 43 Tahun 2016 Tentang SPM Bidang Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2719, 1–79. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/113091/permenkes-no-43-tahun-2016

Luddite, P. (2010). Storyboard Thumbnails 16: 9 Cinema Notebook (Issue 144178001). https://books.google.co.id/books/about/Storyboard_Thumbnails_16.html?id=_4TBoAEACAAJ&redir_esc=y

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Oka Sudana, A. A. K., Setiawan, A., & Pratama, I. P. A. E. (2016). Augmented reality for chemical elements: Periodikar. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 90(1), 88–92.

Presiden Republik Indonesia. (2009). Undang -undang Republi Indonesia Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah sakit. Journal of Human Development, 6(1), 1–22.

Rosni, N. S., Kadir, Z. A., Mohamed Noor, M. N. M., Abdul Rahman, Z. H., & Bakar, N. A. (2020). Development of mobile markerless augmented reality for cardiovascular system in anatomy and physiology courses in physiotherapy education. Proceedings of the 2020 14th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication, IMCOM 2020, 1–5. https://doi.org/10.1109/IMCOM48794.2020.9001692

Shin, M., Kim, B. S., & Park, J. (2005). AR storyboard: An Augmented Reality based interactive storyboard authoring tool. Proceedings - Fourth IEEE and ACM International Symposium on Symposium on Mixed and Augmented Reality, ISMAR 2005, 2005, 198–199. https://doi.org/10.1109/ISMAR.2005.12




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: