MITIGASI HUMAN ERROR PADA PERUSAHAAN EKSPEDISI DENGAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB

Christian Alexander Pratama, Darmanto Darmanto, Yulius Hari

Abstract


Salah satu sektor ekonomi yang tumbuh paling cepat adalah e-commerce. Setiap transaksi online membutuhkan layanan pengiriman yang terjamin. Terkait pelayanan ini, ada perusahaan ekspedisi pelayaran yang menyediakan jasa kirim melalui kapal laut. Jumlah barang dan jumlah pelanggan yang ditangani oleh perusahaan terus bertambah dan seiring bertambahnya pelanggan, tingkat human error dalam hal adminisitrasi juga bertambah. Hal ini dikarenakan manajemen ekspedisinya masih menggunakan sistem semi otomatis dengan bantuan aplikasi perkantoran standar yang kurang memiliki aturan untuk mencegah petugas administrasi memasukkan data yang salah. Banyaknya kesalahan ini membuat tingkat kepuasan pelanggan menurun. Oleh karena itu, diperlukan suatu Aplikasi sistem manajemen ekspedisi yang dapat mengimplementasikan berbagai aturan SOP perusahaan untuk meminimalisir kesalahan akibat human error dan mempercepat kegiatan operasional perusahaan. Selain mengurangi resiko human error, aplikasi ini juga akan menampung feedback pelanggan agar dapat menjadi acuan perusahaan untuk terus meningkatkan pelayanan. Aplikasi dibangun dengan Metode waterfall, melalui tahapan analisis kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian dan perawatan.

Full Text:

PDF

References


Hamdan. (2018). INDUSTRI 4.0: PENGARUH REVOLUSI INDUSTRI PADA KEWIRAUSAHAAN DEMI KEMANDIRIAN EKONOMI. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1-8.

Haryana, S. (2019). PENERAPAN AGILE DEVELOPMENT METHODS DENGAN FRAMEWORK SCRUM PADA PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK KEHADIRAN RAPAT UMUM BERBASIS QR-CODE. Jurnal Computech & Bisnis, 13(2), 70-79.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Oktaviani, L., & Ayu, M. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Dua Bahasa SMA Muhammadiyah Gading Rejo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 437-444.

Putra, D. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal Teknoif ITP, 7(1), 32-39.

Rengga, A., Kusumawati, E. D., & Azizah, I. S. (2019). PERAN EMKL DALAM IMPOR FULL CONTAINER LOAD(FCL) JALUR MERAH OLEH PT. TERMINAL INTIMODA UTAMA CABANG SEMARANG. National Seminar on Maritime Interdisciplinary Studies, 1(1), 128-135.

Statistik, B. P. (2021). STATISTIK E-COMMERCE 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Iswara, B., & Putra, G. W. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Wijaya, K., & Christian, A. (2019). Implementasi Metode Model View Controller (MVC) Dalam Rancang Bangun Website SMK Yayasan Bakti Prabumulih. Paradigma – Jurnal Informatika dan Komputer, XXI(1), 95-102. doi:10.31294/p.v21i1.5092

Yuliyanti, & Nurahman. (2021). Penerapan E-CRM untuk Media Promosi Online dengan metodeSDLC pada Madrasah Al-Falah Bumi Agung. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 77-88




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: