RANCANG BANGUN APLIKASI SOAL LATIHAN SUBSTANSI GENETIKA BERBASIS LECTORA

Alhidayatuddiniyah T. W., Surtinah Surtinah

Abstract


Substansi genetika merupakan cabang ilmu Biologi yang dipelajari di kelas XII MIPA, dimana materi ini berhubungan dengan informasi genetik yang dimiliki oleh organisme. Pada dasarnya substansi genetika menjelaskan mengenai konsep gen, hubungan gen (DNA), RNA, kromosom, proses sintesis, dan sebagainya. Adapun untuk meningkatkan semangat belajar siswa di kelas terutama untuk latihan menjelang ujian, maka penelitian ini bertujuan merancang sebuah aplikasi yang berisikan soal-soal latihan dengan variasi tipe soal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan perancangan soal-soal latihan materi Substansi Genetika menggunakan Software Lectora Inspire 18. Aplikasi yang dibuat disesuaikan dengan RPP Substansi Genetika. Aplikasi yang telah dirancang berisikan variasi tipe soal berupa True or False (Benar atau Salah) dan Multiple Choice (Pilihan Ganda), dan disertai perhitungan nilai di akhir pengerjaan soal latihan. Aplikasi yang dirancang ini sangat mudah digunakan, sehingga dapat menjadi alternatif media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Linda, R., Erviyenni, ;, Noer, A. M., Nur, ;, Oktavianti, A., & Sellyna, D. N. (2016). Development of Lectora Inspire as Interactive Multimedia Chemistry Learning in Senior High School. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), 188–196. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpk

Madukubah, F., Taiyeb, M., & Hartati. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Substansi Genetik dengan Menggunakan Three Tier Test di Kelas XII Sekolah Menengah Atas Identification of Students ’ Misconception in Concept of Genetic Substance by Using Three Tier Test at Grate XII Senior High. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 236–242.

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515

Mudinillah, A. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 248–258.

Nursidik, H., Suri, & Ayuni, I. R. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237–244. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583

Putri, A. S., & Jumadi, J. (2021). Media Ipa Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Keterampilan Analisis. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 93. https://doi.org/10.26418/jippf.v2i2.47774

Safitri, D., Sujarwo, & Putra, Z. F. F. (2019). Pemberdayaan Kelompok Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Quizizz. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/laporan/(nonklasikal)_ZE._Ferdi_Fauzan_-_PTIK_-_FT_-_Jurnal_Pengabdian_Masyarakat_2019_(2)_.pdf

Yoto, Zulkardi, & Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211–219.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: