MEDIA DEKA (DIGITAL EKSPLORASI KARIR) BERBASIS HYPERMEDIA SEBAGAI TREN KARIR ERA 5.0

Iis Solihah

Abstract


Peran Guru di Era society 5.0 merupakan era yang menuntut guru untuk dapat memiliki kemampuan berpikir kritis dan konstruktif, tidak hanya mengajar melainkan berupaya agar lebih mempersiapkan sumber daya manusianya sebagai penyaring tantangan industri 4.0 yang melahirkan berbagai inovasi dan industrialisasi. Kreativitas dan inovasi guru BK sangat dibutuhkan dalam memberikan layanan untuk dapat memfasilitasi kebutuhan peserta didik. Kata kunci dari society 5.0 adalah transformasi digital yang juga menjadi tantangan dalam dunia pendidikan tentang bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penggunaan media agar menjadi salah satu strategi layanan terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk proses pemberian layanan BK di sekolah. Konsep society 5.0 hadir sebagai strategi untuk mencapai tujuan layayan bimbingan dan konseling dengan menggabungan berbagai media (audio, video, grafik, teks, animasi) dengan suatu sistem yang terhubung (hyperlink) yang disebut hypermedia. Tulisan ini mencoba mengkaji bagaimana DEKA (Digital Eksplorasi Karir) berbasis hypermedia bisa dijadikan salah satu media inovasi yang dapat digunakan oleh guru BK untuk mengeksplorasi karir. Metode yang digunakan adalah Systematic Literatur Review dan hasilnya menunjukkan bahwa media Digital Eksplorasi Karir (DEKA) dapat dijadikan salah satu alternative pendukung dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Blossfeld, H. P. (Ed.). (2008). Young workers, globalization and the labor market: Comparing early working life in eleven countries. Edward Elgar Publishing. Frugier, S. (2016). Le profil socio-démographique et les activités des médiateurs de CSTI. La Lettre de l’OCIM. Musées, Patrimoine et Culture scientifiques et techniques, (164), 12-20. Handika, M., & Marjo, H. K. (2022). Etika Pelaksanaan Konseling Berbasis Online dengan Pemanfaatan Media dan Teknologi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy, 9(1), 17-23. Harayama, Y. (2017). A Living Concept “Society 5.0” And the Role of Universities. Council for Science, Technology and Innovation. Haupt, M. (2018). The Evolutionary Journey to Society 4.0. Retrieved from Medium: https://medium. com/society4/evolution-of-societies-93a5f0f9b31. Ilfana, A., & Herdi, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Problematika dan Solusinya. Jurnal Paedagogy, 9(2), 241-247. Mirnayenti. (2015). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Animasi Meningkatkan Sikap Anti Bullying Peserta Didik. Jurnal Konselor. 4(2). 84-91. M. Razavian, B. Paech, and A. Tang, “Empirical research for software architecture decision making: An analysis,” J. Syst. Softw., vol. 149, pp. 360–381, 2019. Munir, P. D. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan

Santrock, J.W. (2012). Perkembangan Masa Hidup (Edisi 13). Penerjemah Benedictine Widyasinta). Jakarta: Penerbit Erlangga. Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264. Widisila, K., Suharsono, N., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Memperbaiki Poros Penggerak Roda Untuk Kelas XI Teknik Otomotif Smk Neger 1 Nusa Penida. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 4(1). Yıkılmaz, İ. (2020). New era: The transformation from the information society to super smart society (society 5.0). Data, Information and Knowledge Management; Mert, G., Şen, E., Yılmaz, O., Eds, 85-112. Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya penggunaan media bimbingan dan konseling dalam layanan informasi. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 126-131). Zisopoulos, F. K., Schraven, D. F., & de Jong, M. (2022). How robust is the circular economy in Europe? An ascendency analysis with Eurostat data between 2010 and 2018. Resources, Conservation and Recycling, 178, 106032.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: