PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN APLIKASI FLIPBOOK BERBASIS MOBILE LEARNING

Dwi Dani Apriyani, Erlando Doni Sirait, Vickry Ramdhan

Abstract


Pembelajaran jarak jauh mengharuskan para pendidik menyiapkan bahan ajar yang interaktif. Media belajar dapat membantu menghidupkan proses belajar mengajar secara daring. Salah satu media yang dapat digunakan ialah e-book. E-book menjadi wadah untuk materi yang akan disampaikan kepada peserta didik. E-book dapat disimpan pada laptop ataupun smartphone yang memudahkan para peserta didik dalam mengakses materi. Ebook dapat diperindah tampilannya menggunakan aplikasi flipbook. Penggunaan aplikasi flipbook sangatlah mudah, hal tersebut dapat membantu bagi para pendidik untuk mendesaign ebook yang telah dirancang. Ebook bersifat fleksibel yang dapat dibuka dan dipahami dimana saja dan kapanpun. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media belajar e-book menggunakan flipbook berbasis mobile learing. Metode yang digunakan adalah R & D yakni penelitian yang menghasilkan produk e-book berbasis mobile learning serta menggunakan model ADDIE untuk melakukan pendekatan sistem. Pada penelitian ini e-book dapat digunakan dengan baik oleh peserta didik

Full Text:

PDF

References


Aditia, R., Susilo, B., & Purwandari, E. P.

(2017). Rancang Bangun Media

Pembelajaran Kalkulus I Berbasis

Web Pada Materi Operasi Fungsi

Bilangan Bulat. Jurnal Rekursif, 5(3),

–373.

Amalia, A., & Fajar, D. M. (2021).

Pengembangan E-book Interaktif

Sebagai Sumber Belajar Mandiri

Pada Materi Pemuaian Kelas VII

SMP/MTs. VEKTOR: Jurnal

Pendidikan IPA, 2(2), 88–95.

https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.

Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021).

Pengembangan E-book Dengan

Aplikasi Book Creator pada Materi

Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V

Sekolah Dasar. Prosiding Seminar

Nasional Penelitian Dan Pengabdian

Masayarakat, 6(1), 80–88.

Arifitama, B. (2018). Bahan Ajar Flipbook

online mata kuliah PTI Online

Flipbook Teaching Materials on PTI

with Augmented Reality Approach.

Jurnal Teknodik, 22(1), 1–10.

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A.

A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah,

Nn. (2021). Pemanfaatan E-book

untuk Meningkatkan Minat Belajar

Siswa Sekolah Dasar di Kudus.

Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–

https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i

14671

Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y.

(2016). Ebook Media Pembelajaran

Interaktif. E - ISSN: 2615-8787 EBOOK, 71–76.

http://journal2.um.ac.id/index.php/jkt

p/article/view/3529/2184

Makdis, N. (2020). Penggunaan e-book pad

era digital. Al-Maktabah, 19, 77–84.

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/a

lmaktabah/article/download/21058/88

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A.

(2018). Pengembangan media

pembelajaran e-book berdasarkan

hasil riset elektroforesis 2-d untuk

mengukur kemampuan berpikir

kreatif mahasiswa. PENDIPA

Journal of Science Education, 2(2),

–134.

https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.

-134

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020).

Pemanfaatan e-learning berbasis

google classroom sebagai media

pembelajaran biologi. Seminar

Nasional Pendidikan, FKIP UNMA,

–816.

Novitasari, Duwi, Triani Ratnawuri, M. P.

(2019). Pengembangan Media

Pembelajaran E-book Berbasis

Edmodo Kelas X SMK Kartikatama

Metro. Hubungan Pengetahuan Ibu

Hamil Dan Tingkat Ekonomi Tentang

Kejadian Stunting, 7(2), 107–115.

Parma, P., & Saparwadi, L. (2015).

Pengembangan Model Pembelajaran

Kalkulus Berbantuan Komputer

melalui Program Maple di Program

Studi Pendidikan Matematika. Jurnal

Elemen, 1(1), 37.

https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.80

Prabowo, Aan, Heriyanto, S.Sos., M. I.

(2013). Analisis Pemanfaatan Buku

Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka

di Perpustakaan SMA Negeri 1

Semarang. Jurnal Ilmu

Perpustakaan, 2(2), 1–9.

http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jip%5CnA

NALISIS

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku

Digital dalam Meningkatkan Minat

Baca. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Program Pascasarjana

Universitas PGRI Palembang, 2,

–1202. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosiding

pps/article/view/2750/2550

Samala, A. D., Irfan, D., Simatupang, W., &

Muskhir, M. (2022). Interactive

Electronic Book ( E-Book ):

Algoritma dan Pemrograman Dasar.

JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan

Vokasional), 8(1), 37–45.

Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi,

L., & Rusliah, N. (2021).

Pengembangan Bahan Ajar E-Book

Interaktif Berbantuan 3D Pageflip

Profesional Pada Materi Aritmetika

Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal

Pendidikan Matematika, 5(1), 789–

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i

490

Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., &

Rijanto, T. (2020). Media E-learning

Berbasis Google Classroom Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

SMK. Jurnal Pendidikan Teknik

Elektro, 9(3), 605–6010.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php

/jurnal-pendidikan-teknikelektro/article/view/36253/32246

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I.

P. (2019). Pengembangan E-Book

Interaktif Berbasis Animasi Bagi

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

ANARGYA: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika, 2(2), 124–

https://doi.org/10.24176/anargya.v2i

4089

Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021).

Implementasi E-Learning Aplikasi

Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil

Pembelajaran Bahasa Mandarin Di

Purwokerto. Prosiding Seminar

Nasional Dan Call for Papers, 10(1),

–316.

Wibowo, M. H., & Purnamasari, N. L. (2019).

Pengaruh Media Pembelajaran Flip

Book Terhadap Gaya Belajar Visual

Siswa Kelas X Tki Smkn 1

Boyolangu. JOEICT (Jurnal of

Education and Information

Communication Technology), 3, 22–

Widyasari, I., Zeutriulita, Istikomah, E., &

Herlina, S. (2021). Pengembangan

Media Pembelajaran Komik Berbasis

Aplikasi Android Pada Materi Sistem

Persamaan Linear Dua Variabel.

Jurnal Devirat, 7(1), 75–84.

https://doi.org/10.51836/je.v7i1.231

Zenal Mutakin, T. (2013). Analisis Kesulitan

Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa

Teknik Informatika. Jurnal Formatif,

(1), 49–60.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: