APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF TINGKAT SMA BERBASIS MOBILE ANDROID

Wisnu Wahyudi, Putri Dina Mardika, Santy Handayani

Abstract


SMA YMIK 2 Jakarta memiliki kekurangan dalam media pembelajaran berupa aplikasi kuis interaktif untuk mata pelajaran tertentu dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi media pembelajaran khusus kuis mata pelajaran Matematika dan Fisika berbasis Mobile Android yang dapat digunakan oleh Guru dan Siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Metode Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu Teknik Triangulasi dan Reduksi. Data didapat dengan cara menggali kebenaran informasi tertentu dan menyeleksi data sesuai kebutuhan melalui berbagai sumber seperti melakukan wawancara dan observasi ke sekolah bertemu dengan Bapak Sanir selaku pegawai SMA YMIK 2 Jakarta, Kepala sekolah dan Bapak Diki selaku guru BK. Setelah data diperoleh peneliti menggunakan Metode Waterfall untuk mengolah data tersebut dan membangun sistem yang dibutuhkan. Dengan memanfaatkan teknologi informasi menghasilkan sistem pembelajaran kuis di SMA YMIK 2 yang bersifat dinamis sesuai dengan kebutuhan dan satuan ajaran persemester yaitu dimana setiap soal kuis dan materi bahan ajar berupa video pembelajaran dapat di akses melalui Smartphone masing-masing Guru dan siswa yang berbasis Mobile Android.

References


Ali, A., & Mardiati, A. (2021). Implementasi

Manajemen Mutu Terpadu Pusat

Kegiatan Belajar Masyarakat

(PKBM) Anshor Cibungbulang

Kabupaten Bogor. Equivalent :

Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 3(1).

https://doi.org/10.46799/jequi.v3i1.3

Anugrah, M. N., Hatmoko, B. D., &

Ramdhan, V. (2022). Aplikasi Sistem

Informasi Pemesanan Catering pada

Maya Catering Berbasis Java. Jurnal

Riset Dan Aplikasi Mahasiswa

Informatika (JRAMI), 3(01).

https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.

Hasan, J. M., Septiningrum, L. D., Chaery, A.

F., Abdurachman, T. A., &

Prawirayudha, A. L. (2020). Sistem

Informasi Akuntansi (Flowchart)

Dalam Pembangunan Masjid AlAulia. DEDIKASI PKM, 2(1).

https://doi.org/10.32493/dedikasipk

m.v2i1.8503

Lestari, P. A., & Hapsari, A. N. S. (2020).

Peran Pencapaian Tujuan BUMDes

Mandiri Jaya dalam Pengelolaan

Dana Desa Sepakung Kabupaten

Semarang. Jurnal Ilmiah Akuntansi

Dan Bisnis, 4(2).

https://doi.org/10.38043/jiab.v4i2.21

Najib, M. A., & Najmudin. (2021).

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Desa Melalui Manajemen Aset

Wakaf Berbasis Skim Mudhorobah

dan Ijarah. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf

Dan Ekonomi Islam, 13(2).

https://doi.org/10.47411/alawqaf.v13i2.108

Rabayanti, R., Noer, A. W., & Afiah, N.

(2021). Upaya Peningkatan Kualitas

Belajar Melalui Sistem Pembelajaran

Terpadu. DISHUM: DDI Islamic

Studies and Humanities Research,

(1).

https://doi.org/10.36915/dishum.v1i1

.4

Rosi, R. A. U., Riki, C., & Habibie, A. (2022).

Perancangan Aplikasi Kuis Interaktif

Berbasis Android Sebagai Media

Pembelajaran Pada Mata Pelajaran

Teknologi Informasi & Komunikasi

Di Kelas X Sma Plus Nurul Ilmi

Cibalong. Produktif : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Teknologi Informasi,

(1).

https://doi.org/10.35568/produktif.v5

i1.1003

Soegihartono, S. (2020). Penelitian

Keberlangsungan Usaha Ardani

Indonesia Sebagai Umkm Berbasis

Industri Kreatif. Solusi, 18(4).

https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2

Tafonao, T. (2018). Peranan Media

Pembelajaran Dalam Meningkatkan

Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal

Komunikasi Pendidikan, 2(2).

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Waluyo, Y. S., Sari, R., & Oktavianti, E.

(2017). Perancangan Sistem

Informasi Pembelajaran Berbasis

Web. MULTINETICS, 3(2).

https://doi.org/10.32722/vol3.no2.20

pp45-48




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: