RANCANG BANGUN APLIKASI LATIHAN SOAL UJIAN NASIONAL SD PELITA BERBASIS ANDROID

Dea Imanda Putri, Kusmayadi Kusmayadi, Naely Farkhatin

Abstract


Ujian nasional adalah salah satu standar penilaian yang ada dalam dunia pendidikan saat ini,dan untuk itu dibutuhkan perangkat-perangkat pendukung dalam media pembelajaran terlebih sebagai pedoman siswa dalam kompetensi belajarnya. Pembelajaran latihan soal ujian nasional yang di berikan guru sekolah dasar saat ini kebanyakan masih terpaku antara siswa dan pengajarnya sedangkan penggunaan teknologi belum di optimalkan dengan baik. Dengan perkembangan teknologi terutama teknologi komunikasi dan teknologi informasi, yang telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran contohnya adalah aplikasi berbasis android. Media latihan soal secara umum dimanfaatkan sebagai alat bantu proses belajar mengajar. Untuk itu perancangan aplikasi latihan soal ujian nasional sekolah dasar dirancang untuk digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran agar lebih praktis dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengabn metode Waterfall.

References


Aisyah, S. (2016). “Pengembangan Media

Pengenalan Kearifan Lokal Budaya

Cirebon Berbasis Android Sebagai

Media Pendidikan Karakter Bagi

Mahasiswa" . Teknik Informatika.

Antonius, D. C. (2018). “PerancanganAplikasi

Pembelajaran Modes DanScale Pada

Gitar Berbasis Android” . Universitas

Indraprasta PGRI.

Asropudin, p. (2013). “Kamus Teknologi

Informasi Komunikasi”. Bandung:

Titian Ilmu Bandung.

Ellbert, H., & Anggia, D. P. (2019).

"Perancangan Media Pembelajaran

Interaktif ".

Sustaniable,

Universitas Putera Batam.

Gurubagi. (2021). Ujian Nasional : Tujuan,

Manfaat, dan

Sejarah

Perkembangannya. gurubagi (p. 1).

https://gurubagi.com/.

Handayani, D. D. (2015). "Aplikasi

Pembelajaran Dasar Kelas 1

SD". atmaluhur, 1-8.

Hardianto, D. (2016). Pengertian Java. From

Diambil kembali

dari

http://materipasti.blogspot.com/2016/0

/pengertian-java.html (diakses 24

april 2020)

Harni Kusniati, N. S. (2016). “Aplikasi Edukasi

Budaya Toba Samosir Berbasis

Android". Teknik Informatika.

Hermawan S, S. (2011). “Mudah Membuat

Aplikasi Android". Yogyakarta: Andi

Offset.

Hidayat, W. F. (2016). Perancangan

Media Video Desain Interior Sebagai

Salah Satu Penunjang Promosi Dan

Informasi Di PT. Wans Desain Group.

Jurnal CERITA Vol. 2 No. 1. Hutabri, E.

(n.d.)




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: