MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID GUNA PENUNJANG BELAJAR SISWA DI ERA SOCIETY 5.0

Dwi Wahyuningtyas, Okimustava Okimustava

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan smartphone yang belum dioptimalkan sebagai media pembelajaran fisika. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menguasai konsep materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran fisika berbasis android dengan berbantuan Smart Apps Creator pada materi suhu dan kalor untuk penunjang belajar siswa di era society 5.0, dan (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Subjek uji coba penelitian yaitu ahli materi dan ahli media, guru dan peserta didik kelas XI MIPA di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yaitu angket untuk ahli materi, ahli media dan angket peserta didik. Metode analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Tingkat kelayakan media pembelajaran fisika berbasis android berbantuan Smart App Creator pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA berdasarkan hasil ahli media memperoleh skor 3,65 dengan kategori sangat layak. Hasil ahli materi memperoleh skor 3,72 dengan kategori sangat baik, maka dinyatakan sangat layak untuk digunakan dan dapat menunjang pembelajaran siswa diera society 5.0. (2) Respon pengguna terhadap media pembelajaran yaitu memperoleh hasil skor 3,57 dengan kategori sangat baik.

References


Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam

pengembangan media pembelajaran.

ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu

Kependidikan, 8(2), 145–167.

http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/

index.php/itqan/article/download/107

/65/

Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–

Ferlianti, S, dkk. (2022). Pengembangan

Multimedia Pembelajaran Interaktif

Sac pada Materi Tekanan Hidrostatis.

Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1),

–2157.

https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1

.479

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming

for a New Human-Centered Society.

Japan SPOTLIGHT, August, 47–50.

https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220

th_Special_Article_02.pdf

Ika,M. (n.d.).(2022). Prosiding. 504–508.

Laili, A. N., Sutopo, & Diantoro, M. (2021).

Ragam Kesulitan Siswa SMA dalam

Menguasai Suhu dan Kalor. 6(1), 20–

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Nontes.

Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Mudinillah, A. (2021). Sofware untuk Media

Pembelajaran. Yogyakarta: Bintang

Pustaka Madani.

Polat, L., & Erkollar, A. (2021). Industry 4.0

vs. Society 5.0. In Lecture Notes in

Mechanical Engineering.

https://doi.org/10.1007/978-3-030-

-3_28

Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media

Pembelajaran Fisika Berbasis Media

Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile

Learning pada Platform Android

Menggunakan Aplikasi App Inventor

untuk Meningkatkan Kemandirian

Belajar Peserta Didik. Natural

Science: Jurnal Penelitian Bidang

IPA Dan Pendidikan IPA, 5(1), 800–

https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/ind

ex.php/naturalscience/article/view/90

Yelfi, dkk. (2021). Utility of the Smart App

Creator Application as an Arabic. …

Language Teaching …, 4, 319–334.

https://ejournal.umm.ac.id/index.php

/izdihar/article/view/17886%0Ahttps

://ejournal.umm.ac.id/index.php/izdi

har/article/download/17886/10306




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: