RANCANG BANGUN ALAT HITUNG GAYA LORENTZ PADA TIGA KAWAT LURUS BERBASIS MATLAB

Fatma Hamid, Ria Asep Sumarni, Fita Widiyatun

Abstract


Gaya Lorentz muncul dalam konteks relativitas khusus, ketika muatan listrik atau partikel bermuatan bergerak dalam medan elektromagnetik. Satu soal Gaya Lorentz pada tiga kawat lurus berarus, terdapat tiga kasus pertanyaan, sehingga hal ini membuat lama dan panjang dalam perhitungan. Tujuan penelitian kami adalah membuat alat bantu hitung Gaya Lorentz pada kawat berarus untuk membantu memudahkan dan mempercepat perhitungan soal tesebut. Metode yang kami gunakan yaitu studi literatur, merancang desain alat dengan bantuan Matlab, menguji alat dan hasil perhitungan. Rancang bangun alat hitung Gaya Lorentz yang kami desain dapat berjalan dengan baik dalam menyelesaikan soal Gaya Lorentz pada tiap buah kawat lurus. Hasil perhitungan yang diperoleh sesuai dengan perhitungan manual. Alat ini lebih efektif dan dapat dengan cepat mengerjakan soal Gaya Lorentz.


Full Text:

PDF

References


Arsi, F., & Febrianti, K. V. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web untuk SMA Kelas X pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5, 33–42.

Hutagalung, S. N. (2018). Pembelajaran Fisika Dasar dan elektronika Dasar Menggunakan Aplikasi Matlab Metode Simunik. Journal of Science and Social Research, 4307(February), 30–35.

Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2019). Aplikasi Konversi Pada Besaran Fisika Kinematika Berbasis Android. … : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu …, 10(2), 445–452. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/3025

Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70–80. https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1240

Markawi, N. (2015). Pengaruh Keterampilan Proses Sains, Penalaran, dan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 11–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.109

Nugraha, A. M. (2019). User Interface ( GUI ) untuk Materi Dinamika Gerak Sistem Katrol Berbasis. Navigation Physics Journalof Physics Education Graphic, 1(2).

Nugroho, A., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18.

Sugiarto, M., Amin, B. D., & Yani, A. (2016). Studi Kemampuan Menyelesaika Soal-Soal Fisika Menurut Langkah Pemecahan Masalah Polya Pada Peserta Didik XI IPA SMA Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 12(2), 183–191.

Widiyatun, F., Sumarni, R. A., & Okyranida, I. Y. (2021). GUI Matlab Untuk Pembuatan Kalkultator Fisika Gerak Media Belajar Mahasiswa Teknik Informatika. Sinasis, 2(1), 435–442.

Yosua, R., Fauzan, A., & Dwi, A. (2019). Aplikasi KALFIS ( Kalkulator Fisika ) Berbasis Matlab Untuk Membantu. Navigation Physics JournalofPhYsIcsE ducatIoN, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: