IMPLEMENTASI ETL DAN PENGOLAHAN DATA PELAPORAN BASEL-III OJK DI BANK UMUM

Muhammad Firdaus, Shedriko Shedriko

Abstract


Perkembangan transformasi digital perbankan yang begitu pesat memungkinkan integrasi pelaporan dalam satu layanan terpadu dalam satu sistem informasi terpusat. Pelaporan BASEL-III OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menjadikan setiap metadata di setiap LOB (Line of Business) di simpan dalam datamart pusat yang nantinya bisa di transformasikan ke dalam bentuk standar pelaporan OJK. Namun dalam pelaksanaannya seringkali mengalami kesulitan dikarenakan keberagaman sumber lokasi data yang menjadi referensi, serta kurang pahamnya pihak manejemen perbankan dalam mengelola data dengan baik. Oleh karena itu diperlukan solusi implementasi ETL (Extract-Transform-Load) dan pengelolaan data yang baik khususnya untuk pelaporan ini, dengan mengambil contoh salah satu pelaporan BASEL-III yang menjadi studi kasus untuk penelitian ini. Dalam hal ini, metode R&D (Research and Development) menurut kami masih tepat digunakan untuk penelitian ini, serta diharapkan solusi implementasi ini bisa memberikan pandangan dan perspektif teknikal yang lebih baik lagi dalam mengelola data pelaporan di masa yang akan datang.

Full Text:

PDF

References


Dharayani, R., Ayu Laksitowening, K., & Putri Yanuarfiani, A. (2015). Implementasi ETL (Extract, Transform, Load) Pangkalan Data Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan State-Space Problem.

Firdaus, M., & Shedriko. (2022). Transformasi Dan Pengolahan Data Pelaporan Bank Umum Menggunakan Teknik Data Virtualisasi.

Firdaus, M., & Shedriko. (2022). Membangun Integrasi Data Staging Dan Data Mart Pada Perusahaan XYZ.

Gustiani, S. (2019). Research And Development (R&D) Method As A Model Design In Educational Research And Its Alternatives. Holistics Journal, 11(2), 12–22. Https://Jurnal.Polsri.Ac.Id/Index.Php/Holistic/Article/View/1849

Bonnario, M. (2020). Dampak Implementasi Basel III Terhadap Permodalan Pada Bank Di Indonesia (Studi Kasus Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) TBK).

Microsoft Team. (2023, January 3). Deploy Integration Services (SSIS) Projects And Packages. Www.Microsoft.Com.

Supriyatna, A. (2018). Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.15408/Jti.V11i1.6628

Tim Penulis OJK. (2021). Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: