PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WEB BERBASIS IoT DENGAN MODUL NODEMCU ESP8266 PADA MACHINE ECO TECH WASTE PLASTIC

Muhammad Rizal Akmal, Muhammad Syaoqibihillah, Mutiara Oktavia Cahyania, Arie Surachman

Abstract


Dalam konteks penelitian "Machine Eco Tech Waste Plastic berbasis IoT," pengelolaan limbah plastik menjadi isu mendesak di era modern karena dampak negatifnya pada lingkungan dan kesehatan manusia. Penelitian ini menyoroti tantangan pengelolaan limbah plastik yang efisien dan berkelanjutan. Proyek ini fokus pada solusi inovatif dengan teknologi Internet of Things (IoT), seperti Modul NodeMCU ESP8266, sensor ultrasonik, sensor Infrared (IR), sarvo motor, dan layar LCD 16x2. Sistem ini dirancang untuk mengidentifikasi dan mengelola limbah botol plastik secara efektif, dengan data sensor yang diintegrasikan ke dalam website untuk pemantauan online. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan limbah plastik dan mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan. Proyek juga mencoba mendorong partisipasi aktif masyarakat dengan mengusulkan sistem penukaran limbah botol plastik dengan uang koin, yang dapat mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam sektor daur ulang plastik. Dalam konteks teknologi IoT, proyek ini menciptakan lingkungan cerdas dan efisien untuk mengelola limbah botol plastik dengan menggunakan perangkat yang telah disebutkan. Keseluruhannya, "Machine Eco Tech Waste Plastic berbasis IoT" adalah langkah inovatif menuju pengelolaan limbah plastik yang lebih efektif, partisipatif, dan berkelanjutan sambil memanfaatkan teknologi cerdas untuk melindungi lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Lesmana, M. A. (2022). Monitoring charging–discharging baterai li-ion cd 18650 3, 7v menggunakan nodemcu berbasis internet of things (IOT) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Hasanah, F., et al. (2021). Perancangan dan Realisasi Prototipe Sistem Parkir menggunakan RFID Berbasis Mikrokontroler dengan Layanan Reservasi via Website. Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 18(2), 64-70.

Mardhalena, M. M., & Nathasia, N. D. (2022). Parking sensor system untuk mendeteksi jarak aman kendaraan menggunakan sensor ultrasonic berbasis arduino uno atmega328. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(4), 1391-1400.

Putri, N. (2022). Pengembangan modul pembuatan ecobrick sampah plastik sebagai sarana pengembangan diri berbasis Ecopreneurship di sma kelas X (doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Rahman, I., et al. (2021). Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Ekobrik Untuk Menekan Laju Pencemaran Sampah Mikroplastik Yang Mengancam Kelangsungan Hidup Biota Perairan Teluk Bumbang, Kabupaten Lombok Tengah. Indonesian Journal of Fisheries Community Empowerment, 1(1), 62-68.

Ridwan, M., et al. (2021). Rancang Bangun Marketplace Berbasis Website menggunakan Metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan Model Waterfall. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 5, 2.

Rosiana, E., & Perdana, R. (2022). Rancang Bangun Sistem Robot Pemilah Sampah Anorganik dengan Inductive Proximity dan LDR Sebagai Sensor. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(2), 1001-1009.

Susanto, A., et al. (2020). Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah dalam mengurangi sampah botol plastik kampung nelayan Kelurahan Tanjung Ketapang. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 94-102.)

Hidayanti, N. F., & Ariani, Z. (2022). Edukasi pengelolaan sampah berbasis atm sampah bagi petugas kebersihan universitas muhammadiyah mataram dalam mendukung program sedekah sampah ummat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 3749-3756.

Dalilah, E. A. (2021). Dampak Sampah Plastik Terhadap Kesehatan dan Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: