APLIKASI GAME EDUKASI TEBAK GAMBAR KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN METODE LCG BERBASIS ANDROID

Erlina Apriliani, Rudi Hermawan, Siti Ayu Kumala

Abstract


Perancangan aplikasi game edukasi “Tebak Gambar Keberagaman Budaya” adalah solusi inovatif untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman tentang beragam budaya di Indonesia. Dalam aplikasi ini, metode Linear Congruential Generator (LCG) digunakan untuk mengatur urutan pertanyaan dan konten gambar budaya yang ditampilkan kepada pemain. Tujuan dari aplikasi ini adalah memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan serta memberikan wawasan mendalam tentang keragaman budaya di Indonesia. Metode LCG digunakan untuk mengacak urutan pertanyaan, memastikan bahwa pemain akan menghadapi variasi gambar budaya setiap kali mereka memulai permainan baru. Dalam keseluruhan, perancangan aplikasi game edukasi ‘‘Tebak Gambar Keberagaman Budaya‘‘ dengan metode LCG berbasis Android adalah langkah yang cerdas dalam memanfaatkan teknologi untuk tujuan pendidikan. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap beragam budaya di seluruh dunia, sambil juga memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan.


Full Text:

PDF

References


Hermawan, R. (2019). Penerapan Aplikasi Parental Control Screen Time dalam Penggunaan Smartphone bagi Anak-anak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).

Jeffry, J., & Petrus, J. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Puzzle Pengenalan Tokoh Sejarah Berbasis Android Dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG).

Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2022). Efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis android sififi pada materi besaran dan satuan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2755–2762.

Kurniawan, A. J., & Hermawan, C. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 10(2).

Rahayu, E. (2019). Pengaruh Permainan Tebak Gambar Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al-Fajar Desa Kuta Galuh Kecamatan Lawe Bulan Aceh Tenggara Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Ramadhan, K., Astuti, L. W., & Verano, D. A. (2015). Game edukasi tebak gambar bendera negara menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 6(2).

Safitri, D. N. (2021). Implementasi Metode Linear Congruential Generator pada Game Puzzle Kesenian Tari. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 129–140.

Setiawan, A. A. dan J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Tresnawati, D., & Maulana, I. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Pencegahan Nyamuk Demam Berdarah Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 14(2), 358–367.

Widiastuti, N. I. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: